Ukraina Berencana Evakuasi Warga yang Tinggal di Wilayah Pemberontak Pro-Rusia

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 31 Januari 2017 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 31 18 1606085 ukraina-berencana-evakuasi-warga-yang-tinggal-di-wilayah-pemberontak-pro-rusia-JmRUGo0rhX.jpg Tank Tempur di Kota Avdiivka, Ukraina. (Foto: AFP)

KIEV - Ukraina berencana mengevakuasi 8.000 warganya yang tinggal di Kota Avdiivka. Itu merupakan kota yang berada di garis depan Ukraina yang rawan konflik antara militer dan pemberontak pro-Rusia.

Pada Senin 30 Januari 2016 pertempuran antara militer dan pemberontak kembali pecah. Baku tembak tersebut dilaporkan menelan korban dari kedua belah pihak termasuk warga sipil. Akibat pertempuran tersebut Kota Avdiivka tak lagi dialiri listrik dan air.

Kepala Pemeritahan Kiev, Pavlo Zhebrivsky, menyatakan, kotanya siap menerima para pengungsi. Rencana evakuasi tersebut kini dalam proses penyusunan.

"Kini kami bisa mengevakuasi hingga total 8.000 orang. Kota Kiev siap menampung dan menerima 9.000 orang," ujar Pavlo, sebagaimana dikutip dari BBC, Selasa (31/1/2017).

Ia menambahkan, evakuasi akan dipercepat jika tensi pertempuran semakin meningkat. Namun, populasi penduduk Kota Avdiivka diyakini berjumlah lebih dari 8.000 orang yaitu sekira 16 ribu sampai dengan 22 ribu orang. Sementara Pemerintah Ukraina juga terus mengirimkan bantuan makanan bagi warga Avdiivka.

Pasukan Ukraina mengklaim pertempuran kembali pecah setelah kelompok pemberontak melancarkan serangan terhadap Avdiivka.

Sementara pihak Rusia menyebut Ukraina merusak kesepakatan damai mereka, setelah pasukan militer Ukraina meluncurkan serangan ke wilayah Ukraina Timur yang merupakan markas kelompok pemberontak pro-Rusia pada Senin 30 Januari 2016.

Sebelumnya, Rusia dan Ukraina telah melakukan kesepakatan damai dengan gencatan senjata pada bulan lalu. Namun, kedua negara tetangga tersebut hingga kini masih menyalahkan satu sama lain terkait dengan konflik yang kembali terjadi. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini