Kakorlantas Pastikan Jembatan Cisomang Sudah Bisa Dilalui Bus

Dara Purnama, Okezone · Kamis 23 Februari 2017 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 525 1626486 kakorlantas-pastikan-jembatan-cisomang-sudah-bisa-dilalui-bus-7QRSRP5MJ9.jpg Kakorlantas Irjen Royke Lumowa Tinjau Jembatan Cisomang (dok. Polri)

JAKARTA - Berdasarkan hasil rapat dengan stakeholder terkait, Korps Lalu Lintas Mabes Polri telah mengizinkan kendaraan berat di bawah 15 ton untuk melewati Jembatan Cisomang di KM 100+700 Jalan Tol Purbaleunyi mulai hari ini.

"Jembatan sudah dapat dilalui kendaraan bus sesuai rekomendasi tim pokja," ujar Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa melalui keterangan pers yang diterima Okezone, Kamis (23/2/2017).

Mantan Kapolda Papua Barat ini pun meninjau langsung proyek perbaikan Jembatan Cisomang. Menurutnya kendaraan di bawah 15 ton itu salah satunya bus.

"Khusus bus ya, kan tidak sampai 15 ton. Detik ini juga kami mulai dari Polda Jabar, Jasa Marga, Bina Marga, Kemenhub, Dishub akan membuka base," paparnya.

Dengan begitu, pengguna jalan tidak perlu khawatir ketika melewati jembatan yang sempat mengalami keretakan itu. Sebab tim dari Pekerjaan Umum, Jasa Marga dan Bina Marga telah membuat robotik pengawas.

"Setiap detik, setiap saat, setiap pilar jembatan ini dipasangi robotik untuk memantau kalau-kalau terjadi seperti apa. Kalau keadaan darurat ya terpaksa kita stop lagi untuk kendaraan berat," katanya.

Pertimbangan mengizinkan kendaraan di bawah 15 ton melewati jembatan Cisomang karena pertimbangan durasi waktu yang dibutuhkan dari pengguna jalan dari Jakarta menuju Bandung.

"Lewat jalur arteri 6-7 jam, ini waktunya cukup panjang. Juga kondisi di arteri sudah mulai banyak yang rusak," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Jasa Marga Silvester Aryan Widodo mengatakan perbaikan Jembatan Cisomang sudah mencapai 40 persen. Ditargetkan rampung akhir Maret 2017. "Kita masih harapkan perbaikan selesai akhir Maret nanti," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini