VIDEO: Jerat Hewan yang Terancam Punah, Jurnalis Yordania Dikecam

Emirald Julio, Okezone · Selasa 07 Maret 2017 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 06 18 1635749 video-jerat-hewan-yang-terancam-punah-jurnalis-yordania-dikecam-iw9ZhXm0Aw.jpg Potongan gambar ketika sang jurnalis menekan dua anak hiena bergaris (Foto: Youtube/Russia Today)

MADABA – Seorang jurnalis perempuan merekam aksinya ketika ia menjerat anak hiena bergaris yang masuk kategori hewan terancam punah. Namun, video yang ia unggah di media sosial tersebut malah menuai kecaman dari aktivis pencinta hewan.

Video itu viral ketika jurnalis asal Yordania, Hayam Awad, mengunggah rekaman tersebut di akun Facebook-nya pada pekan lalu. Video itu kemudian diunggah beberapa kali oleh para Youtuber.

Pada video itu, Awad terlihat berada di depan sarang hiena. Sebagaimana dikutip dari Jordan Times, Selasa (7/3/2017), ia mengatakan sedang berada di Wadi Al Usood yang berlokasi di Kota Madaba.

Video: Youtube معاذ حميده

Awad mengklaim menangkap dua anak hiena itu untuk mencegah serangan hewan buas terhadap hewan-hewan ternak yang ada di wilayah tersebut. Namun, ia terlihat memperlakukan dua hewan yang nyaris punah itu dengan kejam.

“Jadi menurut kalian bagaimana? Apakah mereka terlihat cantik?” tuturnya. Ketika salah satu anak hiena itu mengerang kesakitan, Awad membalasnya dengan mengatakan, “Apakah kamu menantang saya?”

Banyak netizen yang geram dengan aksi Awad tersebut. Bahkan ada yang menyarankan jurnalis perempuan itu dijebloskan ke penjara atas aksi kejamnya tersebut.

Aktivis konservasi hewan di Yordania, Royal Society for The Conservation of Nature (RSCN), akhirnya mengeluarkan pernyataan terkait video tersebut. Mereka menyatakan, sedang bekerja sama dengan polisi hutan untuk menyelidiki tindakan Awad. “Hukum melarang aktivitas perburuan seperti itu dan menganggapnya sebagai kejahatan,” tulis RSCN di akun Facebook-nya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini