Image

HISTORIPEDIA: Ibarat Orang Sakti, Hitler Tetap Hidup Meski Coba Dibunuh Berkali-kali

Silviana Dharma, Jurnalis · Selasa, 21 Maret 2017 - 06:03 WIB
Ilustrasi. Konspirasi pembunuhan Adolf Hitler. (Foto: MDR) Ilustrasi. Konspirasi pembunuhan Adolf Hitler. (Foto: MDR)

TEPAT 74 tahun yang lalu, sekelompok angkatan bersenjata bersekongkol untuk mengupayakan pembunuhan kepada pemimpin Nazi Adolf Hitler. Sayangnya, untuk kesekian kali konspirasi pembunuhan itu gagal membuahkan hasil.

Rencana mereka bermula pada musim panas 1941, ketika Mayor Jenderal Henning von Tresckow memimpin perlawanan tersebut. Mayjen Henning sendiri baru satu di antara banyak petinggi militer yang tidak senang dengan Hitler.

Mayor Jenderal Henning von Tresckow. (Foto: MDR)

Di sampingnya, berdiri pula dengan pemikiran yang sama, bawahannya, Letnan Fabian von Schlabrendorff dan dua orang lain. Kedua konspirator yang terakhir disebut berasal dari kalangan warga Jerman lama yang percaya kalau kepemimpinan Hitler justru aib bagi negaranya.

Bersama orang-orang tersebut, Mayjen Tresckow mengatur strategi untuk menahan The Fuhrer. Berdasarkan rencana, mereka akan menyergap Hitler ketika mengunjungi pangkalan militer di Borisov, kawasan Uni Soviet.

Taktik Tresckow dan kawan-kawan sayangnya kurang pertimbangan. Mereka tidak pernah menyangka kalau Hitler akan muncul di pangkalan militer tersebut dengan penjagaan ketat dari pasukan pengamanan Nazi SS. Sebelum sempat mendekat, Hitler sudah dilarikan dengan selamat ke dalam mobilnya.

Melansir History, Selasa (21/3/2017), rencana kedua pun dirancang. Kali ini dengan berbagai opsi. Upaya kedua pembunuhan Hitler ini disebut Operation Flash.

1 / 2
  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming