Presiden Afghanistan Bertemu Sejumlah Tokoh Islam Indonesia

Emirald Julio, Okezone · Kamis 06 April 2017 21:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 06 18 1661007 presiden-afghanistan-bertemu-sejumlah-tokoh-islam-indonesia-NmjVC2s6oF.jpg Foto Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (Foto: Reuters)

JAKARTA – Presiden Republik Islam Afghanistan Ashraf Ghani, dilaporkan bertemu dengan sejumlah tokoh Islam Tanah Air pada Kamis 6 April 2017. Pertemuan yang diadakan pada pukul 17.30 itu diadakan di Masjid Istiqlal.

Pada rilis yang diterima Okezone, Badan Pelaksana Masjid Istiqlal, Dr DB KH Muzammil Busyani, menyampaikan bahwa ia menyambut gembira kedatangan Ghani ke Masjid Istiqlal. Ia juga berharap kunjungan Ghani dapat memberikan manfaat dalam hubungan bilateral Indonesia-Afghanistan.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh tokoh-tokoh dari MUI, PBNU, Muhammadiyah, ICMI, ICIS, Maarif Institute, ISOIC, dan Wahid Institute itu, Presiden Ashraf Ghani merasa terkenang dengan kemerdekaan Indonesia. Mengingat Afghanistan sebagai salah satu negara yang mengakui kedaulatan Indonesia, hubungan persahabatan kedua negara sudah terjalin sejak lama.

Pada pertemuan tersebut, Ghani juga menghaturkan penghargaannya serta kekagumannya kepada bangsa Indonesia yang dipenuhi oleh cendekiawan Muslim dan berhasil mengembangkan toleransi, demokrasi, serta ekonomi yang tumbuh tinggi.

Ghani menyebut, Indonesia berhasil membangun Islam yang rahmatan lil’alamin atau Islam yang cinta damai. Hal itu dianggap sebagai pelajaran berharga bagi rakyat Afghanistan mengingat Indonesia bisa menciptakan keharmonisan padahal negara ini memiliki 17 ribu pulau dengan beragam suku.

Setelah berdialog dan bertukar pikiran dengan para tokoh-tokoh ormas Islam, Ghani melanjutkan agendanya di Masjid Istiqlal dengan melaksanakan Salat Maghrib. Usai salat, Ghani diajak berkeliling untuk melihat Masjid Istiqlal ditemani oleh Muzammil Busyani.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini