Indonesia Jadi Negara Pertama di Asia Tenggara yang Dikunjungi Presiden Afghanistan

Emirald Julio, Okezone · Rabu 05 April 2017 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 18 1659953 indonesia-jadi-negara-pertama-di-asia-tenggara-yang-dikunjungi-presiden-afghanistan-SvL71SHzOR.jpg Foto Presiden Joko Widodo bersama Presiden Ashraf Ghani (Foto: Humas Sekretaris Kabinet RI)

JAKARTA – Pada hari ini, Rabu (5/4/2017), Presiden Republik Islam Afghanistan, Mohammad Ashraf Ghani, berkunjung ke Indonesia. Pada kunjungannya itu, ia langsung disambut dengan hangat oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Dilaporkan, Indonesia merupakan negara pertama di wilayah Asia Tenggara yang dikunjungi sang Presiden Afghanistan tersebut. Ghani tiba di Istana Merdeka sekira pukul 14.55 dan ia disambut dengan upacara kenegaraan serta dentuman meriam.

Setelah mengikuti upacara kenegaraan, Presiden Joko Widodo mengajak Ghani melakukan veranda talk. Pembicaraan di beranda Istana Merdeka menjadi hal yang biasa dilakukan oleh Jokowi saat menyambut kepala negara yang datang ke Tanah Air.

Foto di lokasi memperlihatkan kedua pemimpin negara tersebut berbincang dengan hangat sambil ditemani dua cangkir minuman. Usai veranda talk, Jokowi mengadakan pertemuan tertutup dengan Ghani.

Jokowi menuturkan, merupakan suatu kehormatan dapat menerima sang Presiden Afghanistan di Indonesia. Mantan Wali Kota Solo ini juga memberikan apresiasi kepada Afghanistan pada pertemuan tersebut. Apresiasi diberikan terhadap upaya Afghanistan menjaga perdamaian hingga saat ini. Indonesia pun dipastikan siap untuk membantu Afghanistan dalam mewujudkan perdamaian.

Jokowi juga menyatakan, Ghani memberikan penghargaan luar biasa atas kemajemukan di Tanah Air, mengingat ada 17 ribu pulau, banyak suku serta bahasa tapi Indonesia tetap berada dalam posisi persatuan yang baik. Pada pertemuan bilateral antara kedua pemimpin negara tersebut, terdapat lima nota kesepahaman yang disepakati.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini