Jokowi Jamu Presiden Afghanistan dengan Makan Malam

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 05 April 2017 20:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 18 1659948 jokowi-jamu-presiden-afghanistan-dengan-makan-malam-6pbLHgjuxR.jpg Foto Presiden Joko Widodo bersama Presiden Ashraf Ghani (Foto: Humas Sekretaris Kabinet RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini kembali menerima kunjungan kenegaraan Presiden Afghanistan, Mohammad Ashraf Ghani. Pertemuan dilakukan pada Rabu (5/4/2017) sore di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Setelah melakukan pertemuan dan menandatangani sejumlah kesepakatan kerjasama dengan Presiden Afghanistan, Presiden Joko Widodo malam ini kembali melakukan pertemuan. Hanya saja, agenda pada pertemuan malam ini adalah jamuan makan malam dari Presiden Joko Widodo.

Pantauan Okezone, Rabu (5/4/2017), rangkaian mobil dari Presiden Afghanistan telah tiba di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat. Makan malam ini pun dilakukan secara tertutup di Istana Negara.

Turut pula hadir dalam jamuan makan malam tersebut, sejumlah Menteri Kabinet Kerja. Sejumlah koki Istana pun juga telah bersiap untuk jamuan makan malam ini.

Seperti diketahui, jamuan makan malam ini memang rutin dilakukan oleh Presiden Jokowi. Tak hanya makan malam, bagi Kepala Negara yang melakukan pertemuan pada pagi hari, Jokowi juga menjamunya dengan jamuan makan siang.

Seperti diketahui, kunjungan ini terbilang istimewa bagi Indonesia. Pasalnya, kunjungan ke Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Presiden Afghanistan.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo juga telah mengukir beberapa sejarah penting sepanjang Maret. Pertama, Jokowi menerima kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud pada 1 Maret 2017. Kunjungan ini menjadi bersejarah karena selama 47 tahun, Raja Arab tidak melakukan kunjungan ke Indonesia.

Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) pada 5 hingga 7 Maret. KTT ini untuk pertama kalinya diadakan setelah 20 tahun IORA berdiri.

Pada 8 Maret, Presiden Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka, Maithripala Sirisena, juga berkunjung ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Kunjungan kali ini adalah salah satu kunjungan bersejarah bagi Indonesia. Pasalnya, kunjungan terakhir dilakukan sekira 41 tahun yang lalu. Kala itu, Presiden Indonesia masih dijabat oleh Soeharto.

Masih di Istana Merdeka, Jokowi juga menerima kunjungan Presiden Afrika Selatan, Jacob Gedleyehlekisa Zuma, pada 8 Maret. Kunjungan ini dilakukan untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir.

Selanjutnya, pada 29 Maret, Jokowi juga menerima kunjungan Presiden Prancis, Fran├žois Hollande. Kunjungan kali ini terbilang bersejarah, pasalnya terakhir dilakukan sekira 30 tahun lalu. Kala itu, kunjungan dilakukan oleh Presiden Fran├žois Mitterrand pada 1986.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini