Jokowi Sambut Kunjungan Presiden Afghanistan dengan Dentuman Meriam

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 05 April 2017 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 18 1659565 jokowi-sambut-kunjungan-presiden-afghanistan-dengan-dentuman-meriam-Wu1pOpM5VI.jpg Foto Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (Foto: Reuters)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menerima kunjungan kenegaraan dari Presiden Republik Islam Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani. Pertemuan pun akan dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Pantauan Okezone, Rabu (5/4/2017), Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani tiba di Istana Merdeka sekira pukul 14.55 WIB. Seperti biasanya, kedatangan ini pun disambut oleh upacara kenegaraan dan tembakan meriam. Foto kedua kepala negara pun telah terpampang di depan Istana Merdeka sebagai bagian dari penyambutan kepala negara.

Pada upacara penyambutan ini, turut pula hadir para pelajar dengan menggunakan pakaian daerah. Tak hanya itu, Pasukan Berkuda Paspampres pun turut menyambut kunjungan kepala negara Afghanistan ini.

Melansir keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri, kunjungan dan pertemuan ini adalah yang pertama kalinya bagi kedua presiden. Bagi Presiden Ghani, Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang ia kunjungi.

Afghanistan sendiri merupakan mitra Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dan keamanan melalui penyebaran nilai Islam yang moderat. Adapun fokus kunjungan untuk meningkatkan kerjasama bilateral kedua negara, khususnya pada bidang kerja sama pembangunan perdamaian (peace building), komitmen Indonesia untuk mendukung pembangunan, rekonsiliasi dan perdamaian di Afghanistan, kerjasama pengembangan kapasitas (capacity building), dan peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi

Kedua pemimpin negara juga akan menandatangani lima Memorandum of Understanding (MoU) dalam bidang pendidikan, pertanian, statistik, reformasi administrasi publik serta kebijakan fiskal.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini