Share

Jokowi Apresiasi Afghanistan dalam Upaya Wujudkan Perdamaian

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 05 April 2017 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 05 18 1659773 jokowi-apresiasi-afghanistan-dalam-upaya-wujudkan-perdamaian-vnWT92VwZD.jpg Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Rabu (5/4/2017). (Foto: Setkab RI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini menerima kunjungan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani. Pertemuan tertutup pun dilakukan oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Menurut Presiden Joko Widodo, pertemuan ini adalah salah satu pertemuan bersejarah bagi kedua negara. Pasalnya, ini merupakan kali pertama Presiden Afghanistan mengunjungi Indonesia.

"Merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk menerima kunjungan Presiden Afghanistan, Yang Mulia Mohammad Ashraf Ghani. Kunjungan kenegaraan ini merupakan kunjungan pertama kali Yang Mulia ke Indonesia," tutur Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Jokowi menambahkan, Afghanistan adalah salah satu negara pertama yang mengakui kedaulatan Republik Indonesia. Kedua negara juga berperan aktif menyukseskan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

"Hubungan Indonesia-Afghanistan telah berjalan baik dan bersahabat selama 62 tahun. Dalam pertemuan bilateral yang baru saja berlangsung, kami telah membahas beberapa isu, yang pertama kerjasama pembangunan perdamaian," ungkap Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini juga memberikan apresiasi kepada Afghanistan pada pertemuan ini. Apresiasi diberikan kepada upaya Afghanistan untuk menjaga perdamaian hingga saat ini. Indonesia pun dipastikan siap untuk membantu Afghanistan dalam mewujudkan perdamaian.

"Indonesia menyambut baik upaya yang dilakukan pemerintah Afghanistan dalam menciptakan stabilitas dan perdamaian. Dan Indonesia siap berbagi pengalaman mengenai rekonsiliasi untuk perdamaian," tutupnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini