Hadiri Istighotsah Kubro NU, Mensos Ajak Umat Doakan Bangsa

Syaiful Islam, Okezone · Minggu 09 April 2017 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 09 519 1662822 hadiri-istighotsah-kubro-nu-mensos-ajak-umat-doakan-bangsa-dkhMY3a5Cj.jpg peserta Istighosah kubro di GOR Sidoarjo (Foto: @NahdlatuOelama)

SURABAYA - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menghadiri istighotsah kubro di GOR Delta Sidoarjo, Jatim, Sabtu (9/4/2017). Bersama hampir satu juta warga NU dari seluruh Jatim yang memadati GOR tersebut, Mensos tampak menundukkan kepala dan melantunkan doa.

Berbusana muslim serba putih, Khofifah tampak khusyuk bermunajat. Khofifah hadir ke istighosah kubro yang bertajuk ‘Mengetuk Pintu Langit, Menggapai Nurullah’ ini disela-sela kunjungan kerja di wilayah Provinsi Jawa Timur.

"Sejuk sekali batin ini menyimak setiap lantunan doa. Betapa cintanya kita pada Allah, pada bangsa ini sehingga semua dapat hadir dengan ikhlas memohon kepada Sang Pencipta agar bangsa ini aman, damai dan rakyatnya selalu dalam lindungan Allah SWT," tutur Khofifah usai mengikuti istighosah.

Acara yang digelar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ini tampak dihadiri Rais Am PB NU KH Ma'ruf Amin, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua Umum Tanfidziyah PWNU Jawa Timur KH Muttawakkil Alallah, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati dan Wali Kota di seluruh Jawa Timur dan beberapa tokoh penting lainnya.

Peserta istighotsah terdiri dari 45 PCNU se-Jawa Timur. Mulai Banyuwangi sampai Pacitan, Ngawi hingga Sumenep, serta wilayah Tapal Kuda (Pasuruan, Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Situbondo, Bondowoso) dan Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Lamongan). Ribuan santri pondok pesantren di Jawa Timur dan kelompok-kelompok jamaah pengajian juga turut berpartisipasi.

"Di tengah kondisi bangsa Indonesia saat ini yang penuh tantangan dan baik dari dalam maupun dari luar negeri, kegiatan ini tentunya sangat relevan dengan tugas-tugas di Kementerian Sosial dalam harmonisasi sosial dan keserasian sosial dalam masyatakat. Tugas ini berada di Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial yang menangani Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial," paparnya.

Di dalam NU sendiri, lanjutnya, juga mengajarkan persaudaraan dalam konsep ukhuwah islamiah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathoniah (persaudaraan kebangsaan), ukhuwah insaniyah (persaudaraan sesama manusia) dan ukhuwah nahdiyah (persaudaraan sesama warga NU).

"Jika saling bersaudara akan terwujud harmoni dan jika ada harmoni akan teguh NKRI. Maka terwujudlah keadilan ekonomi, keadilan hukum dan keadilan politik demi kemaslahatan umat," ujar Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini