Image

Presiden China Ingin Hubungan dengan Korsel Kembali Baik

Emirald Julio, Jurnalis · Sabtu, 20 Mei 2017 - 09:04 WIB
Foto Presiden China, Xi Jinping, sambut utusan khusus Korea Selatan, Lee Hae-chan (Foto: Reuters) Foto Presiden China, Xi Jinping, sambut utusan khusus Korea Selatan, Lee Hae-chan (Foto: Reuters)

SEOUL – Presiden China Xi Jinping mengutarakan keinginannya agar hubungan dengan Korea Selatan (Korsel) kembali membaik. Hal tersebut disampaikannya ketika ia bertemu dengan utusan khusus Korsel, Lee Hae-chan.

Hubungan Korsel-China dalam beberapa waktu ini memang memburuk akibat keputusan Negeri Ginseng untuk menempatkan sistem anti-rudal THAAD. China mengecam keras penempatan THAAD tersebut dan memicu mereka melakukan sanksi secara sepihak.

Namun pertemuan antara Xi dan Lee disinyalir menjadi pertanda bahwa Korsel di bawah kepemimpinan Presiden Moon Jae-in ingin mencoba memperbaiki hubungan China-Korsel. EDaily mewartakan, Xi menyambut hangat Lee di Ruangan Fujian dan Lee pun memberikan sang Presiden China surat dari Moon.

“Kami bersedia bekerjasama dengan Korsel untuk mempertahankan hasil yang diraih dengan keras, menangani perselisihan dengan benar (demi) membuat hubungan China-Korsel kembali ke jalur yang normal,” tutur Xi kepada Lee, sebagaimana dikutip dari Telegraph, Sabtu (20/5/2017).

“Kunjungan Anda ke China untuk meningkatkan komunikasi mengenai isu-isu penting yang terkait dengan hubungan bilateral menunjukkan Presiden Moon dan pemerintahannya sangat mementingkan hubungan kita (Korsel-China),” tambah sang Presiden China.

Lee mengklaim bahwa kunjungan itu produktif dan pihak China tetap membahas mengenai isu penempatan THAAD. “Saya sadar THAAD menjadi perhatian terkait kepentingan keamanan strategis China dan pemerintah Korea akan menemukan solusi untuk masalah tersebut dengan cara yang tulus,” ujar Lee terkait isu penempatan THAAD.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming