nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pejabat Filipina dan China Bertemu Bahas Sengketa Laut China Selatan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 21 Mei 2017 14:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 21 18 1696302 pejabat-filipina-dan-china-bertemu-bahas-sengketa-laut-china-selatan-l6wjQr6OoN.jpg Foto: Reuters

MANILA – Pejabat China dan Filipina mendiskusikan isu yang sensitif dan banyak diperdebatkan dalam pembicaraan bilateral putaran pertama mengenai sengketa kedua negara di Laut China Selatan. Pertemuan itu digelar hanya berselang sepekan setelah pertemuan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden China Xi Jinping di Beijing.

Pertemuan yang digelar di Guiyang, China itu diketuai oleh Duta Besar Filipina untuk China, Jose Santiago Santa Romana dan Wakil Menteri Luar Negeri China Liu Zhenmin. Pada pertemuan Oktober 2016, kepala negara kedua negara sepakat untuk membentuk mekanisme bilateral guna menyelesaikan sengketa klaim yang tumpang tindih.

“Kami tidak membahasnya secara mendalam dan memaksakannya kepada pihak China,” kata Romana usai pertemuan yang berlangsung selama tiga jam sebagaimana dilansir The Star, Minggu (21/5/2017).

Romana menyebut pembicaraan itu sebagai sebuah pertemuan penting. Dia menegaskan bahwa jika tidak ditangani secara benar, isu Laut China Selatan dapat mempengaruhi arah hubungan China dan Filipina yang saat ini menuju ke arah yang positif.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini