nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hendak Lakukan Serangan, Kepolisian Paris Lumpuhkan Pemuda Berpalu

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 07 Juni 2017 00:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 07 18 1709431 hendak-lakukan-serangan-kepolisian-paris-lumpuhkan-pemuda-berpalu-eqm1jU290U.jpg Aparat keamanan berjaga-jaga di depan Katedral Notre Dame usai kejadian (Foto: Charles Platiau/Reuters)

PARIS – Kepolisian Paris berhasil melumpuhkan seorang pemuda yang hendak melancarkan serangan teror di depan Katedral Notre Dame. Pemuda itu sempat menyerang seorang anggota kepolisian seraya mengatakan aksinya didedikasikan untuk Suriah.

“Ini untuk Suriah!” ucap Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerard Collomb, meniru perkataan pemuda itu, mengutip dari NBC News, Rabu (7/6/2017). Selama polisi melumpuhkan terduga pelaku serangan, ratusan pengunjung Notre Dame terjebak di dalam bangunan tersebut.

Polisi meminta para pengunjung yang berada di dalam untuk mengangkat tangan agar memudahkan pemeriksaan. Langkah itu dilakukan untuk mencari apakah pemuda itu melakukan aksinya dengan orang lain yang kemungkinan sudah berada di dalam Katedral Notre Dame.

Berdasarkan kartu identitasnya, pemuda itu diketahui adalah seorang mahasiswa asal Aljazair. Gerard Collomb menuturkan, pemuda itu membawa pisau dapur serta palu dalam melakukan percobaan serangan tersebut. Otoritas terkait kini memberlakukan kasus tersebut sebagai serangan teror.

“Kami sudah mengubah pandangan bahwa serangan teror dapat dilakukan dengan benda apapun, tidak hanya alat-alat canggih. Petugas yang terkena serangan itu tidak mengalami luka serius. Sementara pemuda itu kita larikan ke rumah sakit terdekat,” tukas Collomb.

Melihat rencana serangan tersebut, Collomb mengatakan Otoritas Prancis akan mengadakan rapat khusus untuk mengevaluasi status darurat serta langkah-langkah anti-terorisme lainnya. Sebagaimana diketahui, Prancis masih berada dalam status darurat setelah serangkaian serangan teror sejak 2015. 

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini