Image

Edan! BPOM Temukan Cendol Pakai Zat Pewarna Tekstil

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017, 16:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 16 340 1718031 edan-bpom-temukan-cendol-pakai-zat-pewarna-tekstil-DONkHxa0hM.jpg

BUKITTINGGI - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, menggelar sidak terhadap pedagang takjil di Pasar Pabukoan kawasan Pasar Ateh, Kota Bukittinggi. Saat sidak ditemukan panganan berbuka puasa atau takjil cendol dalimo mengandung bahan pewarna tekstil.

Saat sidak, BBPOM Padang bersama Wali Kota Bukittinggi, memeriksa 21 produk makanan dan minuman yang beredar di pasar tradisional, Pasa Pabukoan kawasan Pasar Ateh. Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan pabukoan atau makanan khas berbuka puasa (takjil) yang mengandung pewarna tekstil Rhodamin-B.

Kepala BBPOM Padang Zulkifli menyebutkan, pengambilan sampel produk difokuskan pada makanan dan minuman yang menggunakan pewarna dan pengawet, seperti cendol, rumput laut, bakso, mi, bubur, es campur, dan makanan lain. Hasil uji sampel petugas BBPOM Padang ini diserahkan ke pihak pemerintah setempat untuk ditindaklanjuti.

“Untuk sementara sudah kami temukan satu yang positif. Cendol dalimo terindikasi positif Rhodamin-B pewarna tekstil. Ini jelas berbahaya karena termasuk bahan berbahaya untuk dikonsumsi,” katanya, Jumat (16/6/2017).

Adanya temuan bahan berbahaya pada panganan berbuka, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias meminta warga agar berhati–hati membeli pabukoan takjil. Masyarakat diminta untuk tidak tergoda dengan warna yang cerah, karena biasanya mengandung pewarna tekstil yang sangat berbahaya untuk dikonsumsi.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini