Ketua Serikat Dagang Kolombia Tewas Ditembak saat Menonton Anak Main Bola

Silviana Dharma, Okezone · Senin 03 Juli 2017 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 03 18 1727274 ketua-serikat-dagang-kolombia-tewas-ditembak-saat-menonton-anak-main-bola-JjkPoWGjkS.jpg Ketua Serikat Dagang Kolombia, Alberto Roman Acosta. (Foto: Business Monkey News)

BOGOTA – Ketua Serikat Dagang Kolombia, Alberto Roman Acosta, meninggal dunia setelah ditembak oleh dua pembunuh bayaran. Peluru menembus tubuhnya berkali-kali, tepat saat dia sedang menyaksikan putranya bermain sepakbola di suatu lapangan di Kabupaten El Cerrito, Guacari, Kolombia.

Melansir Morning Star, Senin (3/7/2017), pria yang mengepalai persatuan pekerja industri tebu itu langsung dibawa ke rumah sakit San Rafael de El Cerrito. Namun nyawanya tak terselamatkan.

Polisi sudah menahan seorang dari kedua pelaku yang kabur dengan motor begitu melancarkan aksinya. Seorang lagi masih dalam perburuan.

Alberto Roman Acosta. (Foto: Tele SUR)

Acosta merupakan pendiri serikat dagang Sintrainagro yang terdiri dari pemotong tebu di Valle del Cauca. Dia juga menjalin kerjasama dengan para peternak pisang dan bunga, serta kelapa sawit di Antioquia.

Namun pengembangan tebu merupakan bidang yang paling digelutinya. Bisnis ini juga termasuk yang paling menguntungkan di Kolombia sehingga sering terlibat konflik bersenjata.

Hampir setengah dari area budi daya di Kolombia dikhususkan untuk produksi tebu. Tanaman yang bisa diolah menjadi gula mentah dan etanol. Sepertiga hasil pengolahan tebu diekspor dari negara tersebut.

Sayangnya, pemotong tebu harus bekerja hingga 14 jam sehari. Dengan penghasilan yang terbilang sedikit yakni 150 poundsterling atau Rp2,6 juta per bulan. Lebih mirisnya lagi, mereka tidak mendapat jaminan kesehatan dan keselamatan bekerja. Semua beban ditanggung sendiri.

Oleh karena itu, banyak pejuang buruh menjadi sasaran kekerasan oleh para militer. Fenomena tersebut juga  telah lama dikecam para pegiat hak asasi manusia (HAM) setempat.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini