nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik! Wali Kota di Meksiko Nikahi Buaya Demi Nasib Baik

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 10 Juli 2017 15:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 10 18 1732659 unik-wali-kota-di-meksiko-nikahi-buaya-demi-nasib-baik-384otu83CD.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

SAN PEDRO HUAMELULA - Seorang wali kota di Meksiko menikahi seekor buaya demi membawa nasib baik bagi kota yang dipimpinnya. Pernikahan yang terjadi pada awal bulan ini tersebut merupakan sebuah tradisi yang telah berlangsung selama ratusan tahun di kota San Pedro Huamelula di selatan Meksiko.

Buaya yang menjadi pengantin sang wali kota didandani dengan gaun putih bersama dengan mahkota bunga. Reptil itu kemudian diarak dalam sebuah pawai mengelilingi kota sebelum upacara pernikahan berlangsung.

Upacara pernikahan tersebut merupakan lambang persatuan dua suku tradisional di San Pedro Huamelula, yaitu Chontales dan Huaves yang juga dikenal dengan nama Mareños. Kedua suku yang mengklaim dapat membawa nasib baik bagi panen itu saling bertikai sejak saat suku Huaves datang ke wilayah yang didiami Chontales di Pantai Pasifik pada masa pre-Hispanik.

Berdasarkan legenda, konflik antara kedua suku itu berakhir setelah putra dari Raja Chontales dan putri Raja Huales saling jatuh cinta hingga akhirnya menikah. Pernikahan kedua sejoli itu masih terus diperingati sampai di San Pedro Huamelula.   

Pada masa kini, wali kota San Pedro Huamelula berperan sebagai Pangeran Chontales sedangkan buaya yang dinikahinya melambangkan Putri Huales.

“Mareños memanggil buaya itu 'putri' dan peran yang saya mainkan adalah menjadi suami bagi sang putri," kata Wali Kota Victor Aguilar sebagaimana dikutip dari CNN, Senin (10/7/2017).

Setelah upacara selesai, musik dan tarian kembali dimainkan, termasuk tarian antara sang mempelai pria dengan sang buaya. Pernikahan tersebut merupakan bagian dari perayaan untuk menghormati Santo Petrus, orang suci pelindung kota.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini