Share

Kasasi Jaksa Kasus La Nyalla Ditolak, Pengacara: Alhamdulillah Perkara Ini Selesai

Nurul Arifin, Okezone · Kamis 20 Juli 2017 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 20 519 1740759 kasasi-jaksa-kasus-la-nyalla-ditolak-pengacara-alhamdulillah-perkara-ini-selesai-ig0KKB4koN.jpg

SURABAYA - Mahkamah Agung akhirnya memutus menolak kasasi kasus dana hibah Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Jatim yang diajukan oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Kuasa hukum La Nyalla menyebut putusan tersebut sudah final.

"Dengan ditolaknya permohonan kasasi jaksa, maka perkara dana hibah Kadin yang dituduhkan kepada Ketua Umum Kadin Jatim la Nyalla Mahmud Mattalitti, telah selesai, karena telah berkekuatan hukum tetap. Sehingga sudah tidak ada lagi lanjutan cerita atas perkara ini. Alhamdulillah," ungkap Seomarso, anggota tim advokat Kadin Jatim, di Surabaya, Kamis (20/7/2017).

Tiga Hakim Agung, Prof. Dr. Mohamad Asikin, SH, Dr. Leopold Luhut Hutagalung, SH dan Prof. Dr. Surya Jaya, SH, M.Hum dalam putusannya menolak kasasi jaksa perkara bernomor 765 K/PID.SUS/2017.

Ditambahkan Soemarso, atas putusan final ini, maka Kejaksaan Tinggi Jatim harus segera menjalankan putusan dengan membuka semua blokir rekening pribadi La Nyalla Mahmud Mattalitti.

“Keputusan pengadilan harus dijalankan oleh semua pihak. Termasuk kejaksaan harus membuka kembali semua rekening pribadi Pak La Nyalla yang sebelumnya diajukan pemblokiran oleh kejaksaan,” urainya.

Seperti diketahui, kejaksaan mendakwa La Nyalla terlibat dalam perkara penyimpangan dana hibah Kadin Jatim yang sebelumnya telah menyeret dua pengurus Kadin ke meja hijau. Namun dakwaan terhadap La Nyalla ternyata tidak terbukti di persidangan.

Majelis Hakim PN Jakarta Pusat memutus La Nyalla bebas murni pada 27 Desember 2016. Atas putusan ini, tim jaksa mengajukan kasasi hingga akhirnya keluar putusan Mahkamah Agung yang menolak kasasi itu pada 18 Juli 2017.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini