Image

ALHAMDULILLAH!! Israel Copot Detektor Logam di Masjid Al Aqsa

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa, 25 Juli 2017 - 07:31 WIB
Pasukan keamanan Israel mencopot detektor logam di pintu masuk kompleks Masjid Al Aqsa (Foto: Ammar Awad/Reuters) Pasukan keamanan Israel mencopot detektor logam di pintu masuk kompleks Masjid Al Aqsa (Foto: Ammar Awad/Reuters)

YERUSALEM – Pemerintah Israel akhirnya memutuskan untuk menghentikan penggunaan detektor logam di pintu masuk menuju kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem. Meski demikian, detektor logam akan diganti dengan alat pengawasan yang lebih canggih.

Keputusan itu diambil lewat pemungutan suara yang dilakukan menteri kabinet pimpinan Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. Dalam pernyataan resminya, mereka memutuskan untuk bertindak sesuai rekomendasi dari badan keamanan dan mengganti detektor logam dengan alat lain.

Diwartakan Reuters, Selasa (25/7/2017), sejumlah pekerja dari Pemerintah Kota Yerusalem sudah memasang balok logam untuk kamera pengawas di atas beberapa ruas jalan menuju Kota Tua sepanjang Senin 24 Juli malam hingga dini hari waktu setempat.

Media-media Israel memberitakan, pemerintah berencana untuk berinvestasi pada sistem kamera pengawas yang mutakhir. Pernyataan resmi dari kabinet menerangkan, pemerintah sudah mengalokasikan dana sebesar 100 juta shekel (setara Rp373 miliar) untuk peralatan serta tambahan petugas polisi.

Langkah Israel untuk memasang detektor logam sejak Minggu 16 Juli 2017 menuai kecaman luas dari dunia internasional. Tel Aviv dianggap melanggar kebebasan beribadah yang dijamin oleh hukum internasional. Israel berdalih pemasangan detektor logam tersebut dimaksudkan untuk memperkuat sistem keamanan setelah dua orang petugas polisi ditembak mati oleh tiga orang tidak dikenal.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming