Image

Innalillahi! Pria Tertua di Dunia Tutup Usia

Emirald Julio, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 12:13 WIB
Foto Yisrael Kristal ketika menerima sertifikas Guinness World Records (Foto: Guinness World Records) Foto Yisrael Kristal ketika menerima sertifikas Guinness World Records (Foto: Guinness World Records)

HAIFA – Kakek yang dinobatkan sebagai pria tertua di dunia oleh Guinness World Records, tutup usia pada pekan ini di Kota Haifa, Israel. Wafatnya Yisrael Kristal hanya berselang satu bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-114.

Sebagaimana dikutip dari UPI, Minggu (13/8/2017) Kristal yang lahir di Desa Zarnow, Polandia itu tutup usia pada Jumat 11 Agustus 2017. Pria yang menjadi saksi dua perang dunia itu disebut merasakan bagaimana perang membuatnya terpisah dari keluarganya.

BACA JUGA: Wanita Tertua di Dunia Meninggal pada Usia 117 tahun

BACA JUGA: Intip Apa yang Dimakan Orang-orang Tertua di Dunia

Pengalaman tidak terlupakannya pertama kali terjadi pada era Perang Dunia I ketika ia terpisah dari orangtuanya. Kemudian pada Perang Dunia II, Nazi yang mengontrol Polandia membuat Kristal bersama istri dan dua buah hatinya tinggal di pemukiman kumuh.

Sayangnya akibat Holocaust, Kristal kehilangan istri dan kedua anaknya sedangkan dirinya dipindahkan ke kamp konsentrasi Auschwitz. Ketika ia diselamatkan oleh tentara Sekutu, Kristal berada dalam kondisi mengenaskan hingga ia nyaris meninggal.

BACA JUGA: Rahasia Panjang Umur 5 Manusia Berusia 100 Tahun, Makan Ikan Asin & 3 Butir Telur Mentah!

BACA JUGA: Pria Tertua di Dunia Rayakan Bar Mitzvah

Pada saat Perang Dunia II berakhir, Kristal pun pindah ke Israel dengan istri barunya. Namun hal yang menarik adalah ia mengklaim, kondisi dunia saat ini lebih buruk dibandingkan pada saat perang dulu.

“Dunia lebih buruk dari sebelumnya. Saya tidak suka permisif di sini. Semuanya diperbolehkan, Pada suatu waktu, orang muda tidak sesat seperti sekarang. Mereka harus memikirkan pekerjaannya dan mencari nafkah,” ujar Kristal kepada media Haaretz.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming