Image

Perangi Wabah Flu Burung, Filipina Kerahkan Ratusan Tentaranya

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis, 17 Agustus 2017 - 00:04 WIB
Filipina saat ini berusaha memerangi flu burung (Foto: Anadolu Agency) Filipina saat ini berusaha memerangi flu burung (Foto: Anadolu Agency)

MANILA – Filipina dilaporkan akan mengerahkan ratusan tentaranya untuk mempercepat pemusnahan sekira 600 ribu hewan unggas. Hal itu dilakukan guna berusaha memerangi wabah flu burung di Filipina.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (17/8/2017) penyebaran wabah itu dimulai di sebuah peternakan yang berlokasi di Provinsi Pampanga. Namun virus itu menyebar ke 36 peternakan lainnya dan menyebabkan 40 ribu unggas mati.

“Saya telah meminta tentara Filipina untuk menyediakan anggotanya demi membantu mengecilkan jumlah peternakan-peternakan. 600 ribu bukanlah pekerjaan yang mudah. Personil kami mengalami tugas yang sulit dan kekurangan orang,” ujar Menteri Agrikultur Filipina, Emmanuel Pinol, pada konferensi pers.

Pinol mengklaim pemerintah memiliki sekira 200 orang yang bertugas di Provinsi Pampanga. Namun semenjak wabah itu pertama kali muncul baru kurang dari 20 ribu hewan unggas yang dimusnahkan.

Permintaan Pinol mendapatkan titik terang setelah Brigadir Jenderal menyetujui mengerahkan anggotanya. Ia menuturkan, setidaknya 300 tentara akan diturunkan ke Provinsi Pampanga pada hari ini untuk membantu memusnahkan ayam, burung puyuh dan bebek.

“Tentara Filipina dan Angkatan Bersenjata Filipina 100 persen mendukung usaha tersebut,” tegas Alarcon. Ia bahkan menyediakan berbagai peralatan pencegahan agar tentaranya tidak terpapar virus tersebut. Selain peralatan, para tentara juga akan diberikan obat Tamiflu.

Saat ini virus tersebut baru menyebar di antara hewan unggas dan belum terpapar pada manusia. Juru bicara Kementerian Kesehatan Filipina, Eric Tayag, mengatakan bahwa dua pekerja peternakan dari Provinsi Pampanga yang dilaporkan sakit telah dites dan keduanya dinyatakan negatif terinfeksi virus flu burung.

Saat ini Kementerian Kesehatan Filipina masih belum mengetahui jenis pasti dari virus flu burung apa yang tengah mewabah di wilayahnya. Namun pejabat kesehatan dan peternakan setempat mengklaim bahwa tes awal mengindikasikan virus yang menyebar itu bukan jenis H5N1.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming