Tank Saksi Bisu Operasi Militer di Aceh Ikuti Pawai Kemerdekaan

Agregasi Antara, · Jum'at 18 Agustus 2017 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 340 1758576 tank-saksi-bisu-operasi-militer-di-aceh-ikuti-pawai-kemerdekaan-PKWxM6oTod.jpg Foto: Wikipedia

GRESIK - Sejumlah kendaraan perang melintas di beberapa ruas jalan utama wilayah Gresik, Jawa Timur untuk mengikuti Pawai Kemerdekaan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 RI.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono mengatakan pawai, yang digelar tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena keikutsertaan sejumlah kendaraan perang berkeliling di ruas jalan.

"Memang tahun ini Bupati Gresik Sambari berharap agar HUT ke-72 Kemerdekaan RI tahun ini berbeda, dan hadirnya kendaraan perang bertujuan untuk menggugah kembali rasa patriotisme generasi muda saat ini," katanya dilansir Antara, Jumat (18/8/2017)

Selain itu, kata dia, dengan hadirnya beberapa kendaraan perang seperti tank dan panser bertujuan agar masyarakat Gresik lebih mencintai para Pahlawan yang telah gugur mendahului, dan lebih cinta Tanah Air serta memantapkan hati bahwa NKRI harga mati.

Sementara itu, kendaraan perang yang ikut dalam pawai antara lain dua unit tank AMX-13 buatan Prancis tahun 1976, masing-masing bernomor 9527-V dan 9529 dari Batalyon Kavaleri III/Andhaka Cakti Malang.

Tank yang pernah digunakan pada operasi Aceh tahun 2002 itu dipersenjatai meriam canon dan armour personal carier (APC).

Kendaraan perang lainnya yaitu panser dari Kompi Kavaleri III Sidoarjo masing-masing panser Tarantula buatan Korea Selatan tahun 2013 seangkatan dengan panser leopard dan panser Anoa buatan Perindustrian Angkatan Darat (Pindad).

Panser Anoa berkapasitas 10 orang penumpang ini adalah kendaraan untuk pengamanan VIP yang tugasnya mengamankan Presiden dan Wakil Presiden RI saat melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur.

Tak hanya itu, beberapa kendaraan lain seperti jeep Homvee buatan USA tahun 1982, land rover buatan Inggris tahun 1989, kendaraan amfibi Puch keluaran, geez keduanya keluaran 1960, kendaraan perang di Vietnam utility (USA) 1970 juga ikut dalam pawai.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini