Share

Kejam! Sayat Leher Kanguru hingga Tewas, Pria di Australia Ditangkap

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Jum'at 01 September 2017 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 01 18 1767642 kejam-sayat-leher-kanguru-hingga-tewas-pria-di-australia-ditangkap-SZHhsTOTd9.jpg Seorang pria ditangkap karena menyayat leher seekor kanguru hingga tewas (Foto: Sky News)

MELBOURNE – Seorang pria di Melbourne, Australia, tega menyayat leher seekor kanguru hingga tewas. Aksi pria itu ketahuan setelah sebuah video menyebar dengan cepat di Australia. Ia didakwa melakukan perusakan terhadap satwa liar yang dilindungi.

Dalam video terlihat seorang pria mendekat seekor kanguru yang sudah terluka. Pria yang tidak diketahui namanya itu kemudian berbicara dalam Bahasa Mandarin. Ia lantas menggenggam ekor dan mulai menyayat leher kanguru itu dengan sebilah pisau besar.

Kementerian Lingkungan Hidup, Darat, Air, dan Perencanaan Negara Bagian Victoria mengatakan, pria berusia 43 tahun itu ditangkap pada Rabu 30 Agustus sore waktu setempat. Ia dijerat dengan pasal perusakan terhadap satwa liar yang dilindungi tingkat satu.

Otoritas setempat turut menyita beberapa pucuk senjata api, beberapa bilah pisau, dan sejumlah telefon genggam dari tangan pelaku. Pria tersebut akhirnya harus mempertanggungjawabkan perbuatannya lewat persidangan.

“Kami memperlakukan dengan sangat serius segala bentuk kasus dugaan kejahatan terhadap hewan. Pelanggaran terhadap satwa liat yang terlihat dalam video tersebut sangat mengerikan,” ujar Manajer Operasional Kementerian Lingkungan Hidup, Darat, Air, dan Perencanaan Negara Bagian Victoria, Glenn Sharp, mengutip dari Telegraph, Jumat (1/9/2017).

Pelaku disidang pada Kamis 31 Agustus. Akan tetapi, ia tidak ditahan di penjara selama menjalani proses hukum dengan jaminan. Pelaku kini terancam dijatuhi hukuman denda sebesar 38 ribu dolar Australia (setara Rp401 juta) dan atau hukuman hingga dua tahun penjara.

BACA JUGA: Seekor Kanguru Ditemukan Tewas sambil Memegang Botol Miras

Kekejaman serupa pernah terjadi di Australia pada Juni lalu. Seekor kanguru ditemukan tewas dalam keadaan tidak biasa. Hewan khas Australia itu ditembak hingga mati dan didudukkan dalam pose sedang menggenggam botol minuman keras (miras) di pinggir jalan di Melbourne.

Kanguru itu ditembak setidaknya tiga kali dan kemudian diikat ke sebuah kursi. Penemuan tersebut sudah terjadi pada Mei, akan tetapi otoritas baru merilis foto mayat kanguru itu satu bulan kemudian setelah didesak oleh publik.

Kanguru sebagai hewan khas Australia termasuk dalam satwa liar yang dilindungi. Sensus terakhir yang diadakan Pemerintah Australia menunjukkan, hanya tersisa 34,3 juta ekor kanguru di seluruh negara benua tersebut.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini