Image

Bergelimang Harta, Bos First Travel Diduga Alami Delusi

Reni Lestari, Jurnalis · Jum'at, 1 September 2017 - 06:30 WIB
Ilustrasi kantor First Travel (Foto: Okezone) Ilustrasi kantor First Travel (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gaya hidup mewah nan bergelimang harta yang dijalani bos First Travel, Andhika Surachman dan Anniesa Hasibuan, membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Pasalnya, kemelimpahan harta tersebut berasal dari uang puluhan ribu calon jamaah yang menjadi korban penipuan.

Psikolog dari Universitas Soegijapranata, Semarang, Endang Widyorini mengatakan, kemungkinan suami-istri pemilik First Travel tersebut mengalami delusi, yakni suatu keyakinan yang salah karena bertentangan dengan kenyataan. Gangguan delusi merupakan salah satu jenis penyakit mental psikosis.

"Mereka sesungguhnya orang-orang pintar, pemimpi. Ketika dapat uang sangat bayal, mereka jadi tidak punya logika, mereka mengalami delusi dan tidak bisa membedakan kenyataan dan tanggungjawab yang dihadapi," kata Endang kepada Okezone, Jumat (1/9/2017).

Delusi itulah yang diduga menjadikan Adhika dan Anniesa berperilaku hidup mewah bak raja dan ratu. "Delusi atau paham kebesaran itu membuat dia punya gaya hidup sebagai raja dan ratu yang tidak bisa habis uangnya," lanjut dia.

Selain bergaya hidup mewah, Anniesa juga diketahui kerap memamerkan kepunyaannya di media sosial. Hal ini pun bisa dianggap sebagai perilaku psikologis yang menyimpang.

Endang mengatakan, agar anak-anak muda yang umumnya akrab dengan pengunaan media sosial tak terpengaruh perilaku semacam itu, para orang tua harus mengajarkan gaya hidup sederhana.

"Ajari anak hidup sederhana, empati pada orang lain dan punya tanggung jawab pada kewajibannya, jangan hedonism," pungkas Endang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming