Share

Luar Biasa! Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berisi Mumi di Luxor

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 10 September 2017 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 10 18 1772815 luar-biasa-arkeolog-mesir-temukan-makam-kuno-berisi-mumi-di-luxor-zywiNItRCC.jpeg Foto: AP

LUXOR - Ahli arkeologi Mesir telah menemukan makam seorang tukang emas yang dipersembahkan kepada Dewa Amun dan mumi seorang perempuan bersama dua anaknya di Draa Abul Naga, tepi barat Sungai Nil di Luxor. Kementerian Warisan Sejarah Mesir menyebutkan, makam yang ditemukan berasal dari masa Kerajaan Baru Mesir sekira abad ke-16 sampai 11 sebelum masehi (SM).

BACA JUGA: 3 Mumi Ini Ditemukan dalam Kondisi Mengerikan, Apa Saja?

Makam “Tukang Emas, Amenemhat” menyimpan patung yang dipahat di dalam tempat peristirahatan yang diduga berbentuk tukang emas itu dan istrinya. Di antara dua patung tersebut terdapat lukisan yang menggambarkan putra pasangan tersebut.

Keterangan dari kementerian yang dilansir Telegraph, Minggu (10/9/2017), sebuah lorong penguburan di makam tersebut berujung di sebuah ruangan di mana para ahli arkeologi menemukan mumi, patung pemakaman dan topeng. Lorong lain mengarah ke sebuah ruangan di mana tim menemukan mumi seorang perempuan dan dua anak.

Perempuan tersebut tampaknya meninggal di usia 50 tahun dan hasil tes menunjukkan bahwa dia menderita penyakit bakteri tulang. Tim arkeolog juga menemukan 150 patung pemakaman yang dipahat dari tanah liat dan batu kapur.

Meski penemuan makam tersebut bukanlah sesuatu yang luar biasa, tetapi pihak berwenang menyambutnya dengan gembira. Diharapkan penemuan tersebut dapat mendorong industri pariwisata Mesir yang sedang berusaha untuk pulih.

"Kami ingin surat kabar besok berbicara tentang Mesir dan membuat orang ingin datang ke Mesir," kata Menteri Warisan Sejarah Mesir, Khaled el-Anani kepada media.  

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini