Badai Irma Terjang Florida, Sebagian WNI Pilih Tak Mengungsi

Agregasi VOA, Jurnalis · Minggu 10 September 2017 05:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 10 18 1772873 badai-irma-terjang-florida-sebagian-wni-pilih-tak-mengungsi-i2tS9MXivk.jpg Turi Isherdianto, warga Indonesia di Weston, Florida memilih bertahan bersama suami dan anaknya dari ancaman badai Irma, 9 September 2017. (Foto: Turi Isherdianto)

FLORIDA — Diperkirakan 5,6 juta orang keluar dari Florida dalam upaya evakuasi besar-besaran menjelang hantaman badai Irma. Meski perintah evakuasi ini sifatnya wajib, banyak juga penduduk yang memilih bertahan di rumah mereka dan bersiap menghadapi badai.

BACA JUGA: Harvey, Irma, Jose, Ini Cerita tentang Nama Badai-Badai yang Menerjang AS

Di antara warga yang bertahan di Florida adalah beberapa warga negara Indonesia. Diwawancarai VOA Jumat 8 September malam, Turi Isherdianto, ibu satu anak yang tinggal di Weston, di pinggir kota Miami mengatakan khawatir sekali dengan datangnya badai Irma. Turi memutuskan bertahan karena semula memperkirakan akan baik-baik saja, mengingat daerah tempat tinggalnya tidak terletak di zona evakuasi wajib.

Ketika beberapa hari lalu beberapa tetangga, termasuk tiga dari sepuluh temannya, berangkat ke Georgia dan Alabama, Turi masih bergeming, apalagi ia baru pindah rumah sehingga masih disibukkan dengan berbagai urusan.

“Ketika menyadari, saya rasa sudah terlambat. Saya takut jalanan macet dan tidak ada bensin karena di mana-mana cadangan pom bensin habis. Sementara pesawat banyak yang di-cancel (dibatalkan:red). Kalau sampai terjebak di jalan kan akan lebih berbahaya karena tidak ada tempat untuk berlindung,” ujar Turi.

BACA JUGA: Hadapi Badai Irma, Taman Bermain di Florida Ditutup karena Kurangnya Pasokan Listrik

Walhasil Turi sekeluarga dan seorang teman dengan anaknya, kini berlindung di rumah saja. “Saya takut sekali Mbak. Tapi kini sudah terlambat evakuasi. Setidaknya kini kami ke ruangan yang paling aman. Setahu kami rumah-rumah yang dibangun setelah badai Andrew (tahun 1992) wajib punya dinding dan atap yang tahan terhadap badai kategori tiga,” tambah Turi.

G​ubernur Florida : Jika Tidak Evakuasi Malam Ini, Siap-Siap Hadapi Resiko Sendiri

Gubernur negara bagian Florida Rick Scott menyerukan warga yang keluar dari Florida untuk berkendara dengan kecepatan rendah di seluruh jalur, termasuk bahu jalan. Ia belum membuka jalur pada arah sebaliknya agar bisa dilewati mereka yang hendak menuju ke utara karena masih membutuhkan jalur tersebut untuk mengantar pasokan BBM dan sembako yang dibutuhkan warga yang bertahan.

“Jika Anda berencana keluar dari Florida tetapi tidak melakukannya malam ini, Anda harus melakukannya nanti di tengah cuaca sangat buruk dan atas risiko sendiri,” ujar Scott.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini