Presiden Trump Kunjungi 3 Negara selama Tur Asia, Ke Mana Saja?

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Rabu 13 September 2017 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 18 1775130 presiden-trump-kunjungi-3-negara-selama-tur-asia-ke-mana-saja-8oABxHR7cX.jpg Presiden AS Donald Trump (Foto: Joshua Roberts/Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump menerima undangan kunjungan dari Presiden China Xi Jinping. Undangan tersebut disampaikan saat Xi menyambangi Trump di Florida, Amerika Serikat (AS), pada April lalu.

BACA JUGA: Presiden Trump Terima Undangan Kunjungan dari Presiden China

Pertanyaan kemudian muncul, kapan persisnya Presiden Donald Trump akan membalas kunjungan tersebut. Presiden Trump dikabarkan akan menyambangi China pada November mendatang. Presiden AS ke-45 itu memang merencanakan kunjungan ke Asia pada periode November.

Trump dijadwalkan hadir dalam KTT AS-ASEAN dan KTT Asia Timur di Filipina serta KTT Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Vietnam. Donald Trump juga dijadwalkan akan berhenti sejenak di China selama menjalani tur Asia. Akan tetapi, kabar kunjungan itu belum dapat dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri China.

Sementara itu, media Jepang, NHK, dengan mengutip sumber diplomatik yang dirahasiakan, melaporkan bahwa Trump juga mempertimbangkan kunjungan ke Jepang dan Korea Selatan (Korsel) selama tur Asia tersebut. Politikus Partai Republik itu juga sebelumnya sudah menerima undangan kunjungan dari Perdana Menteri Shinzo Abe pada Februari untuk menyambangi Jepang pada penghujung 2017.

BACA JUGA: Trump & Abe Sepakati Kerjasama Bilateral dari Perdagangan hingga Pertahanan

“Kesepakatan Februari masih berlaku. Kita akan dengan senang hati merancang kunjungan tersebut pada tahun ini. Akan tetapi, kapan persisnya kunjungan tersebut masih belum berhasil ditentukan,” ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang, mengutip dari Reuters, Rabu (13/9/2017).

Kabar lainnya disampaikan harian Yomiuri Shimbun mengenai kemungkinan pertemuan trilateral AS-Jepang-Korsel di sela-sela Sidang Umum PBB di New York. Pembicaraan mengenai pertemuan trilateral itu disebut-sebut sudah memasuki tahap akhir.

BACA JUGA: Bertemu Presiden Korsel, Trump Sebut Kesabaran AS terhadap Korut Berakhir

Mengutip sumber di pemerintahan Tokyo, Yonmiuri Shimbun melaporkan pertemuan trilateral antara PM Shinzo Abe, Presiden Donald Trump, dan Presiden Moon Jae-in, kemungkinan dilangsungkan pada 21 September. Pertemuan akan difokuskan pada penguatan kerjasama untuk merespons provokasi Korea Utara (Korut) dengan program rudal dan nuklirnya.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini