Image

Penembakan Sekolah di Washington, Seorang Siswa Tewas Diterjang Peluru dan 3 Luka-luka

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 11:45 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

WASHINGTON – Seorang siswa yang membawa senjata api melepaskan tembakan yang menewaskan seorang siswa dan melukai tiga lainnya di sebuah sekolah menengah atas (SMA) di Washington, Amerika Serikat (AS). Pelaku berhasil diringkus oleh staf sekolah setelah menjalankan aksinya.

BACA JUGA: Astaga! OTK Bersenjata Muncul di SMA Ohio

Berdasarkan keterangan Sheriff Ozzie Knezovich kepada reporter, siswa yang tewas sempat mencoba meyakinkan pelaku untuk tidak melakukan aksi gilanya saat dia ditembak mati. Pelaku kemudian bergerak dan menembak tiga siswa lainnya di lantai dua SMA Freeman di Rockford, Washington.

Salah satu staf sekolah kemudian melakukan tindakan berani dan meringkus pelaku sebelum polisi tiba dan membawanya ke Penjara Spokane County. Knezovich menolak mengidentifikasi pelaku dan membicarakan secara detail motif yang memicu terjadinya penembakan. Namun, dia menduga kejadian itu berhubungan dengan kasus persekusi atau bullying.

"Ini adalah peristiwa tragis dan tidak masuk akal yang benar-benar tidak perlu terjadi dan saya benar-benar tidak memahaminya. Tetapi kita perlu mencari tahu apa yang salah dengan masyarakat kita. Apa yang membuat anak-anak kita memutuskan bahwa mereka perlu menggunakan senjata api untuk menangani masalah yang mereka hadapi," kata Knezovich sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (14/9/2017).

Seorang saksi mata yang menyaksikan penembakan tersebut mengatakan kepada stasiun televisi lokal, KREM-TV, bahwa pelaku penembakan tampak tenang saat melepaskan peluru ke arah korban dan langit-langit. Gadis itu menambahkan, pelaku yang merupakan teman sekelasnya sejak sekolah dasar adalah sosok ramah yang tampaknya tidak mampu menyakiti orang atau melakukan tindak kekerasan. 

BACA JUGA: Penembakan-Bunuh Diri di Kampus Texas Tewaskan Dua Orang

Setahun sejak peristiwa pembantaian oleh seorang pria bersenjata di sebuah sekolah di Newtown, Connecticut, yang menewaskan 26 anak-anak pada 2012, telah terjadi sekira 52 insiden penembakan sekolah di Amerika Serikat. Sebuah kelompok pengendalian senjata api, Everytown for Gun Safety didirikan sebagai respons terhadap tragedi tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming