nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngeri! Pemasok Senjata Bom Thamrin Dititipkan ke Lapas Pangkalan Bun, Anggota TNI Siaga

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Sabtu 16 September 2017 00:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 15 340 1776846 ngeri-pemasok-senjata-bom-thamrin-dititipkan-ke-lapas-pangkalan-bun-anggota-tni-siaga-tGpTAWhbCt.jpg Kamar pelaku bom Thamrin. (foto: istimewa)

KOTAWARINGIN BARAT - Satu tahanan kasus terorisme dititip ke Lapas Klas 2B Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng. Bukan teroris biasa, ia merupakan salah satu pelaku yang terlibat dalam aksi bom Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 2016 lalu.

Pelaku bernama Budiyono alias Babeh itu diduga kuat sebagai pemasok senjata kepada para pelaku bom bunuh diri dalam kasus tersebut. Sebelumnya Budiyono ditahan di Mako Brimob Kelapa 2, Depok.

"Orangnya sifatnya keras, sudah mempunyai ilmu penggalangan semenjak pulang dari Suriah. Dia kelahiran Tegal. Dipindah tadi malam Kamis (14/9/2017) pukul 20.00 WIB," ujar Komandan Kodim 1014 Pangkalan Bun, Letkol Inf Wisnu Kurniawan, Jumat (15/9/2017).

Bahkan, untuk mengamankan Babe, tujuh personil dikerahkan selama proses pemindahan tahanan ini. Tak hanya itu, para personil juga dibekali dengan senapan serbu (SS) 1.

"Dari Koramil 01/ Arsel 5 orang, anggota piket Kodim 2 orang dan dipersenjatai SS1 ada 4 pucuk,” sambungnya.

Sementara selama proses pemindahan, Wisnu menyebut berlangsung lancar. Kini, Babe mendekam di sel berkode ILC.

“Dan proses pemindahan berjalan lancar. Saat ini Budiyono ditempatkan di ruang khusus di dalam lapas dengan kamar berkode ILC," terangnya.

[Baca Juga: Ini Harapan dan Sikap Korban Bom Thamrin]

Adapun seluruh tahanan kasus terorisme, terang Wisnu, disebar ke berbagai daerah.

[Baca Juga: Pasca-Bom Sarinah, 40 Terduga Teroris Ditangkap]

"Untuk Kalteng 1 orang teroris atas nama Budiono. Bahkam Anaknya juga masih berada di Suriah untuk berjihad di sana," tukasnya.

[Baca Juga: Jemput Jenazah, Ayah Pelaku Bom Sarinah Minta Maaf]

Sedangkan Kalapas Klas 2B Pangkalan Bun, Arief Gunawan belum menjawab konfirmasi wartawan terkait penanganan napi teroris di tempat binaanya itu. (sym)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini