nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPU: Parpol yang Mengisi Data di Sipol Sudah Mencapai 90%

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 17:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 05 337 1789498 kpu-parpol-yang-mengisi-data-di-sipol-sudah-mencapai-90-bw0s1eYXUV.jpg Ilustrasi. Foto Okezone

JAKARTA – Partai Politik yang akan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, untuk menjadi peserta Pemilu 2019 harus mengisi data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Data yang ada di Sipol, nantinya harus dicetak saat hendak melakukan pendaftaran ke KPU.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Aziz mengatakan seluruh parpol yang mengisi dokumen di Sipol sudah mencapai angka 90 persen. Hal ini membuktikan, partai politik tertib administrasi dalam pendaftaran pemilu 2019.

"Prinsipnya dari partai politik barusan kita pantau di sipol sudah semakin banyak yang melakukan entry. Menginput data dan beberapa di antaranya sudah hampir 100 persen, kita senang dengan perkembangan ini artinya dari partai politik sudah sungguh-sungguh, menggunakan Sipol sebagai instrumen untuk tertib administrasi dalam pendaftaran dalam pemilu 2019," kata Viryan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2017).

Ia mengatakan bila data yang di-entry pada sipol telah selesai. Parpol yang akan mendaftar diharapkan mencetak formulir yang terdapat pada sipol, dibawa bersama dengan beberapa dokumen lainnya.

"Kita lihat sudah ada beberap yang 100 persen untuk sejumlah item, kemudian mereka bisa memprint formulirnya. Ada formulir F, formulir F1 formulir F2, F3 dan formulir F4. Itu nanti print outnya dibawa ke KPU, mulai dari dokumen yang kemenkumham, salinan keputusan kepengurusan partai, lambang partai. Termasuk salinan nomer rekening, seluruh jenjang pusat provinsi kabupaten kota," tandas Viryan.

Sekadar informasi, Formulir F1 berisi surat pernyataan memiliki kepengurusan Parpol, yang terdiri daftar susunan pengurus dan alamat kantor tetap partai politik. Lalu, formulir F2, surat pernyataan berupa bukti sah mempunyai anggota parpol. Formulir F3 surat penyertaan keterwakilan perempuan dan formulir F4 surat keterangan domisili, kantor tetap kepengurusan Parpol.

(fzy)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini