nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngeri! Senjata Nuklir Korut Bisa Tewaskan 2,1 Juta Warga Seoul dan Tokyo

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 00:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 06 18 1789721 ngeri-senjata-nuklir-korut-bisa-tewaskan-2-1-juta-warga-seoul-dan-tokyo-9RUebhm69L.jpg Salah satu contoh hulu ledak nuklir milik Korea Utara yang ditinjau langsung Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un (Foto: Reuters)

SEOUL – Peperangan di Semenanjung Korea adalah hal terakhir yang coba dihindari oleh para pemimpin dunia meski situasi saat ini tetap tegang. Sebab, menurut studi terakhir, sedikitnya 2 juta orang akan kehilangan nyawanya andai Korea Utara menyerang Seoul (Korea Selatan) dan Tokyo (Jepang).

BACA JUGA: Ngeri! Jika Perang AS-Korut Pecah, 20 Ribu Orang di Korsel Terbunuh Setiap Harinya 

Studi tersebut dilaporkan oleh situs pemantau Korut, 38 North, yang ditulis oleh Michael J Zagurek Junior. Menurut perhitungannya, ledakan nuklir dari Korut di Seoul dan Tokyo dengan perkiraan persenjataan nuklir yang dimiliki Pyongyang, dapat menewaskan 2,1 juta orang dan melukai 7,7 juta lainnya.

Diwartakan Yonhap, Jumat (6/10/2017), angka tersebut bisa tercapai dengan asumsi Korut meluncurkan seluruh 25 senjata nuklir mereka terhadap Seoul dan Tokyo. Hulu ledak nuklir dari puluhan senjata itu diyakini memiliki kekuatan antara 15-250 kiloton.

BACA JUGA: Korut Tuding AS Umumkan Perang, Ternyata Ini Penyebabnya

Zagurek Junior menggunakan tiga jenis kemungkinan dari ledakan nuklir untuk memprediksi jumlah korban tewas, yakni 20, 50, dan 80%. Ia juga memperhitungkan sistem pertahanan yang dimiliki Korea Selatan, yaitu THAAD (Terminal High Altitude Area Defense) dan Aegis milik Jepang.

Kendati dua sistem antirudal itu dipakai untuk mempertahankan diri, jutaan korban tewas tetap tidak terhindarkan, menurut Zagurek Junior. Sebagai informasi, total populasi di Seoul saat ini mencapai 24,1 juta dan Tokyo berjumlah 37,9 juta orang.

BACA JUGA: Gawat! Korut: AS Telah Umumkan Perang! 

Hingga saat ini, hanya Jepang saja yang pernah merasakan betapa kejamnya bom atom dengan Hiroshima dan Nagasaki menjadi saksi bisu. Sedikitnya 80 ribu orang tewas di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan 40 ribu lainnya di Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Kekuatan bom atom tersebut mencapai 15 kiloton.

BACA JUGA: Astaga! Korut Klaim Lakukan Uji Coba Nuklir Keenam 

Sementara itu, berdasarkan hasil uji coba nuklir keenam awal September, Korut mengklaim kekuatan bom hidrogen miliknya dapat mencapai 100 kiloton. Bom hidrogen itu diuji coba untuk dipasangkan ke badan rudal balistik sebagai hulu ledak nuklir dengan target wilayah musuh.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini