Tak Sengaja Sentuh Pria, Turis Inggris Terancam Mendekam di Penjara Dubai

Emirald Julio, Okezone · Sabtu 07 Oktober 2017 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 07 18 1790781 tak-sengaja-sentuh-pria-turis-inggris-terancam-mendekam-di-penjara-dubai-GxeTaCWUq4.jpg Inilah Jamie Harron yang dipenjara karena tidak sengaja menyentuh seorang pria di Dubai (Foto: ITV)

DUBAI – Seorang turis Inggris dikabarkan terjerat masalah hukum di Dubai, Uni Emirat Arab, akibat tidak sengaja menyentuh seorang pria di bar yang berada dalam kondisi penuh. Akibat insiden itu, turis tersebut terancam di penjara tiga tahun.

Sebagaimana dikutip dari ITV, Sabtu (7/10/2017) Jamie Harron yang berasal dari Kota Stirling ditangkap karena dituding melakukan ketidaksenonohan di ruang publik serta meminum alkohol. Penangkapan itu terjadi usai Harron tidak sengaja menyentuh pinggang seorang pria yang berada di Rock Bottom Bar.

Pria berusia 27 tahun itu mengklaim insiden ini hanya kesalahpahaman semata. Montir listrik tersebut menegaskan bahwa ia tengah sibuk memegang minumannya dan menyentuh pinggang seorang pria karena menghindar agar ia tidak tersenggol.

Terdapat keanehan dalam kasus ini. Pasalnya, organisasi yang bergerak membantu warga asing yang terlibat masalah hukum di Dubai, Detained in Dubai, menyatakan bahwa insiden ini menyeruak justru saat Harron serta temannya duduk dan saat itulah pria yang disentuh itu terlihat marah.

Berdasarkan keterangan dari pengacara Harron, polisi tiba di lokasi insiden hanya berselang 20 hingga 30 menit usai pria yang disentuh itu marah. Tidak lama setelah itu, Harron pun ditangkap.

Akibat kasus ini, Harron pun kehilangan pekerjaannya. Tidak hanya itu, ia juga terpaksa mengeluarkan dana lebih dari 30 ribu poundsterling atau sekira Rp529.913.013 untuk membayar biaya menyewa penasihat hukum.

“Ini sangat keterlaluan bahwa ia sudah ditahan lama di negara ini. Ini adalah contoh lain bagaimana wisatawan rentan ditangkap dan ditahan di Dubai serta bagaimana proses hukum yang tidak terorganisir,” ujar Pimpinan Detained in Dubai, Radha Stirling.

Akibat insiden yang terjadi pada Juli 2017 itu, ia sempat ditahan lima hari di Penjara Al Barsha dan saat ini sudah dibebaskan dengan jaminan serta paspornya pun disita. “Kami telah berhubungan dengan pria inggris itu menyusul penangkapannya di Dubai pada Juli. Kami memberikan bantuan konsuler,” tutur juru bicara Foreign and Commonwealth Office di Inggris.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini