Presiden Jokowi Lantik Sultan HB X dan Paku Alam X di Istana Negara Besok

Prabowo, Okezone · Senin 09 Oktober 2017 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 09 510 1792033 presiden-jokowi-lantik-sultan-hb-x-dan-paku-alam-x-besok-di-istana-negara-M3MpPPdizM.jpg

YOGYAKARTA - Presiden Joko Widodo akan melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Aryo Adipati (KGPAA) Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk periode 2017-2022. Pelantikan itu akan digelar pada Selasa 10 Oktober sore besok di Istana Negara, Jakarta.

"Kami sangat mengapresiasi langkah pemerintah pusat yang langsung mengambil langkah cepat dengan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur DIY di hari terakhir masa jabatan sebelumnya berakhir," kata Wakil Ketua DPRD DIY Arief Noer Hartanto, Senin (9/10/2017).

Arief melihat pelantikan besok sore sekira pukul 16.00 WIB itu terlihat kurang tertata dan terencana dengan baik. Meski demikian, politisi PAN ini justru mengapresiasi langkah pemerintah dibanding melakukan pelantikan pada 16 Oktober nanti.

"Walaupun, mohon maaf, segala sesuatu kurang temoto (terencana) dengan baik, tapi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk masa jabatan 2017-2022 sangat baik," katanya.

Pimpinan DPRD DIY, kata dia, informasinya juga akan diundang dalam pelantikan itu untuk menyaksikan. Untuk itu, pihaknya akan menyiapkan segala sesuatu dalam pelantikan di istana negara tersebut.

Informasi sebelumnya, pelantikan Sultan HB X dan KGPAA Paku Alam X direncanakan pada 16 Oktober 2017 nanti. Pelantikan ini dibarengkan dengan pelantilan Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Basweda dan Sandiaga Uno.

Jika pelantikan itu digelar pada 16 Oktober, ada masa kekosongan kekuasaan karena Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa akhir jabatan tanggal 10 Oktober. Meski demikian, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY sudah ditetapkan melalui mekanisme penetapan sesuai amanat UU No 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini