Sultan Tetap Dampingi Ical di Pilpres?

Tegar Arief Fadly, Okezone · Jum'at 31 Agustus 2012 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 08 31 339 683225 li7iBaP0N1.jpg Sultan Hamengkubuwono X dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Foto:okz)

JAKARTA- Nama Sri Sultan Hamengkubuwono X sempat digadang-gadang akan dipasangkan dengan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie sebagai calon wakil presiden pada pemilu 2014 mendatang.

Namun seiring dengan disahkannya RUUK DIY yang melarang Sultan untuk aktif di partai politik, isu peluang Sultan mendampingi pria yang akrab disapa Ical itu seakan tertutup. Pasalnya, Sultan harus hengkang dari Partai Golkar. Bagaimana tanggapan Golkar terkait menipisnya peluang Sultan tersebut?

"Kan tidak ada kaitannya pencalonan seseorang menjadi capres atau cawapres dengan keanggotaannya di parpol. UU Pilpres menyatakan bahwa capres dan cawapres diajukan dalam satu paket diajukan oleh parpol atau gabungan parpol. Aapakah calon itu anggota parpol atau tidak itu tidak ada masalah," kata Ketua DPP Partai Golkar, Hajriyanto Tohari kepada wartawan di DPR, Jakarta, Jumat (31/08/2012).

Namun, Hajriyanto enggan untuk memberikan penegasan apakah nantinya Sultan akan tetap dipasangkan dengan Aburizal Bakrie dalam Pemilu 2014 mendatang.

"Dipasangkan dengan Pak Aburizal bisa dari parpol, atau luar parpol, bisa dari Golkar atau luar Golkar. Pemilihan cawapres Golkar itu juga tidak ada kaitannya dengan parpol. Yang penting ada faktor komplementer, bisa menutupi kelemahan Pak Ical dan memberikan faktor pelengkap," jelasnya.

Yang pasti, lanjut Hajriyanto, dengan keluarnya Sultan dari Partai Golkar akan sangat merugikan partai berlambang pohon beringin tersebut ke depannya.

"Seorang Sultan kan punya pengaruh besar, sehingga keanggotaan dan keaktifan Sultan dalam parpol tentu akan memberi nilai tambah dari parpol itu. Maka jika ada larangan itu tentu ada kerugian. Tapi kan tidak elok jika parpol memandang untung rugi dari prespektif dirinya sendiri," pungkasnya.

(ugo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini