Image

Jelang Tur Asia Trump, Pejabat AS Tinjau Perbatasan Korut-Korsel

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017, 20:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 10 18 1792829 jelang-tur-asia-trump-pejabat-as-tinjau-perbatasan-korut-korsel-66T0A7JzDu.jpg Presiden AS Donald Trump bersama sang istri, Melania Trump. (Foto: The Independent)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dijadwalkan melakukan kunjungan ke Asia pada November. Dalam lawatannya tersebut, Trump akan mengunjungi lima negara, yakni China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel), Filipina, dan Vietnam.

Sebagaimana diwartakan The Telegraph, Selasa (10/10/2017), saat datang ke Korsel, Trump kemungkinan mengunjungi daerah perbatasan Korsel dan Korea Utara (Korut) di Semenanjung Korea. Wilayah itu disebut Zona Demiliterisasi (DMZ).

Kabar ini diperkuat dengan kedatangan pejabat Washington ke daerah perbatasan tersebut. Kedatangannya diketahui untuk menyusun rencana lebih rinci tentang kunjungan orang pertama di Negeri Paman Sam.

BACA JUGA: Trump Pastikan Kunjungan ke Jepang dan Korsel selama Tur Asia

Seorang pejabat keamanan Korut yang tidak dikenal mengatakan kepada kantor berita Yonhap bahwa tim pejabat AS melihat sekeliling Panmunjom dan Observation Post Ouellette. Desa Panmunjom diketahui terletak di zona penyangga seluas 4 kilometer (km) antara utara dan selatan.

Hal ini meyakinkan bahwa bulan depan, Donald Trump bisa berdiri beberapa meter dari tentara Kim Jong-un yang juga berjaga di sana.

Pada Maret, wilayah perbatasan itu juga dikunjungi oleh Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson. Kedatangannya diketahui setelah foto yang diambil tentara Korut. Foto tersebut memperlihatkan Tillerson berada di Panmunjom .

Sebelumnya, mantan Presiden AS, Barack Obama, juga mengunjungi Observation Post Ouellette. Kunjungannya dilakukan saat ia masih menjabat sebagai presiden, yakni pada 2012. Dua tahun kemudian, Hillary Clinton dan Robert Gates juga melakukan tur ke Panmunjom.

BACA JUGA: Lawatan ke Asia, Trump Ingin Memperkuat Tekad Internasional Menghadapi Korut

Namun, kunjungan Trump ke DMZ kemungkinan akan berbeda. Sebab, Trump telah berjanji untuk menghancurkan Korut jika mengancam AS dan sekutunya. Ia juga memperingatkan Pyongyang bahwa mereka akan menghadapi "api dan kemarahan" karena ketegangan militer mereka telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Kunjungan Trump ke lima negara tersebut diketahui untuk memperkuat tekad dalam menghadapi ancaman Korut. Hal ini diketahui dari penyataan pihak Gedung Putih. 

Selain itu, kedatangan Trump juga untuk memenuhi undangan yang disampaikan oleh beberapa pemimpin di negara tersebut. Sebelumnya diketahui bahwa pemimpin di Negeri Paman Sam itu mendapat undangan dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Presiden Korsel Moon Jae-in, dan Presiden China Xi Jinping. Undangan tersebut diberikan saat ketiga pemimpin itu berkunjung ke AS. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini