Image

Rupanya Drone Punya Banyak Fungsi, Nomor 2 akan Dilakukan BNPB

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 07:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 12 337 1794268 rupanya-drone-punya-banyak-fungsi-nomor-2-akan-dilakukan-bnpb-l7eArnVLcD.jpg Ilustrasi (Dok: Werid.com)

JAKARTA - Dewasa ini perkembangan teknologi semakin memanjakan manusia dalam beraktifitas. Dalam dunia fotografi misalnya, apabila kita ingin mengambil gambar dari ketinggian diperlukan jerih payah yang cukup menguras energi seperti naik ke ketinggian, hingga menyewa helikopter agar dapat mengabadikan gambar yang kita inginkan, cara ini seringkali dirasa sangat tidak efisien.

Hingga akhirnya lahir teknologi pesawat tanpa awak, atau yang biasa disebut drone. Penggunaan dan pengembangan teknologi drone muncul sejak awal abad 19, sebelum Perang Dunia I, pertama kali di tanggal 22 Agustus 1849, yang tujuan awalnya untuk melontarkan bom.

Baru kemudian beberapa tahun belakangan ini, keberadaan drone mulai dimanfaatkan ke dalam beberapa aspek seperti fotografi, melihat aktivitas vulkanik gunung, hingga kebutuhan militer. Berikut fungsi drone yang berhasil dirangkum okezone dari berbagai sumber.

1. Mengatasi Kerusakan Hutan

Selama ini orang mengenal drone hanya sekadar sebagai hobi, tetapi di negeri seperti Indonesia dan Malaysia, pemanfaatan drone mulai ditingkatkan untuk mengatasi kerusakan hutan dan perambahan hutan ilegal.

Salah satu perusahaan penyedia drone Singapura, sebagaimana ditulis Channelnewasia, Senin (6/7), sudah banyak perusahaan besar kelapa sawit di Indonesia dan Malaysia memiliki drone. Saat ini, pemanfaatan drone mulai diikuti kebun-kebun dengan skala menengah.

Sebelum adanya pemanfaatan drone, sejumlah perusahaan pemilik kebun sawit di Sumatera menggunakan cara tradisional untuk mengontrol perkebunan mereka yang berjuta-juta hektare luasnya dengan menggunakan helikopter.

Cargill, salah satu perusahaan penjualan minyak sawit, mengatakan keuntungannya menggunakan drone untuk memonitor lahan perkebunan mereka. "Grup Manifesto Minyak Sawit sedang melakukan evaluasi terhadap stok karbon tinggi dan studi masih terus dilakukan," terang John Hartmann, CEO Cargill.

2. Memantau AKtivitas Vulkanik Gunung Berapi

Terbaru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) mengerahkan drone untuk memantau aktivitas vuklanik di Gunung Agung.

Kepala BNPB Willem Rampangilei yang menginisasi penggunaan drone ini mengatakan drone yang digunakan untuk memantau kawah Gunung Agung harus yang punya kemampuan terbang tinggi dan dapat mendokumentasikan semua fenomena di kawah.

3. Produksi Film

Dulu kita mengenal helikopter sebagai salah satu media untuk dapat menghasilkan gambar dari ketinggian. Akan tetapi saat ini, saat ini Drone bisa digunakan untuk membawa kamera.

Karenanya alat ini bisa membantu proses pengambilan gambar terutama untuk film-film documenter. Kualitas gambar yang dihasilkan sendiri sangat tergantung dengan spesifikasi drone dan kamera yang Anda gunakan.

Semakin bagus kualitas drone dan kamera, semakin baik pula gambar yang bisa Anda hasilkan. Hingga hari ini sendiri, spesifikasi drone yang makin canggih semakin memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan resolusi tinggi.

4. Menegakkan Hukum

Manfaat drone selanjutnya adalah untuk menegakkan hukum. Misalnya, untuk menjaga perbatasan antar negara. Aktivitas di sekitar perbatasan antar negara bisa dipantau dengan baik menggunakan drone.

Jadi adanya pelanggaran yang terjadi bisa segera diketahui dan diselesaikan masalahnya. Pada penggunaan dalam internal negara, drone juga bisa dimanfaatkan dengan sangat baik. Misalnya untuk menjaga area hutan lindung dari penebangan liar. Sebab, selama ini masalah klasik kerusakan hutan adalah dikarenakan luasnya areal hutan yang kadang tak terjangkau oleh pengawas hutan.

5. Mengirim Barang

Keberadaan drone untuk mengirim barang sudah dimanfaatkan oleh perusahaan besar di luaran sana. Kita juga bisa melakukan hal yang sama, misalnya dengan mengirimkan suatu barang dari teman kita ke tempat kita atau sebaliknya.

Fungsi drone yang bisa terbang dan berpindah tempat ini harusnya juga sudah dimanfaatkan oleh perusahaan yang ada di Indonesia. Misalnya, restoran Pizza kini tak perlu kurir lagi untuk sekadar mengantar pizza ke rumah kita.

Hanya saja mungkin barang yang dikirim memakai drone hanya barang tertentu dan memiliki ukuran kecil.

(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini