Malaysia Tertarik Tawaran Kelanjutan Pencarian MH370 Tanpa Biaya

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Sabtu 21 Oktober 2017 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 21 18 1799715 malaysia-tertarik-tawaran-kelanjutan-pencarian-mh370-tanpa-biaya-6KbYwDKeZN.JPG Setelah tiga tahun, operasi pencarian Malaysia Airlines MH370 sempat dihentikan (Foto: Reuters)

KUALA LUMPUR – Malaysia nampaknya tertarik dengan tawaran perusahaan eksplorasi bawah laut, Ocean Infinity, untuk memulai kembalian operasi pencarian bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370. Negosiasi tersebut sekarang dilanjutkan kepada tim respons MH370.

BACA JUGA: Ditawari Kelanjutan Pencarian MH370, Menhub Malaysia Belum Ambil Keputusan

Direktur Jenderal Kementerian Penerbangan Sipil Malaysia, Datuk Seri Azharuddin Abdul Rahman mengatakan, pemerintah sudah memberi izin agar syarat pencarian dinegosiasikan langsung antara tim respons dengan Ocean Infinity.

Azharuddin yang mengepalai tim respons itu mengatakan, telah menerima sejumlah proposal dari pihak-pihak yang tertarik untuk menemukan pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014 itu. Ocean Infinity merupakan salah satu yang menawarkan diri mencari bangkai MH370.

BACA JUGA: Mantap! Perusahaan Eksplorasi AS Tawarkan Bantuan Pencarian MH370 Tanpa Memungut Biaya

“Tawaran-tawaran ini sudah dinilai secara menyeluruh oleh tim respons. Pemerintah Australia dan China juga sudah diinformasikan mengenai perkembangan sesuai dengan semangat kerjasama trilateral,” tukas Datuk Seri Azharuddin Abdul Rahman, mengutip dari The Star, Sabtu (21/10/2017).

Akan tetapi, belum ada kesepakatan apa pun yang dicapai antara Pemerintah Malaysia dengan Ocean Infinity. Azharuddin menyatakan, jika negosiasi selesai dan syarat sudah disepakati kedua belah pihak, maka Malaysia akan mengupayakan kesepakatan dengan Pemerintah Australia dan China untuk melanjutkan pencarian.

“Pengumuman resmi kemudian akan dibuat setelah semua keluarga terdekat dari penumpang serta kru yang berada di penerbangan MH370 telah diberi tahu,” tandas Azharuddin Abdul Rahman.

BACA JUGA: Tiga Tahun Hilang, Ini Fakta-Fakta Pencarian Malaysia Airlines MH370

Malaysia diketahui mendapatkan penawaran dari Ocean Infinity, perusahaan asal Belanda Fugro, dan satu perusahaan lokal untuk melanjutkan pencarian. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu sendiri menawarkan bantuan pencarian tanpa memungut biaya jika bangkai gagal ditemukan.

Sebagaimana diketahui, operasi pencarian yang dilakukan tim gabungan dari tiga negara, Australia, China, dan Malaysia, dihentikan pada Januari lalu. Alasan utama adalah kurangnya bukti yang menjadi petunjuk kuat lokasi menghilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

Pada 8 Maret 2014, pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang dari radar saat mengudara di atas Laut China Selatan. Hilangnya pesawat yang mengangkut 239 orang penumpang dan kru tersebut hanya berselang satu jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) sekira pukul 12.41 dengan tujuan Beijing, China.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini