nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump: Rusia Hambat Usaha AS Menangkal Krisis Nuklir Korut

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 26 Oktober 2017 10:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 26 18 1802658 trump-rusia-hambat-usaha-as-menangkal-krisis-nuklir-korut-aDosE2T9T8.jpg Foto Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC – Baru-baru ini, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluarkan kritikannya terhadap Rusia. Trump menyebut, Rusia menghambat usaha Negeri Paman Sam mengatasi krisis nuklir Korea Utara (Korut).

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Kamis (26/10/2017) komentar itu disampaikan Trump ketika ia diwawancarai oleh Fox Business Network. Ia menegaskan bahwa isu nuklir Korut akan lebih mudah diselesaikan jika AS memiliki hubungan yang lebih baik dengan Rusia.

“China membantu kita dan mungkin Rusia melalui jalan lainnya dan merugikan apa yang kita capai,” ucap Trump pada wawancara tersebut.

BACA JUGA: Larangan Warga AS Berkunjung ke Korut Resmi Berlaku

Hubungan AS-Rusia memang memburuk semenjak Moskow dituding terlibat dalam pilpres AS 2016, aneksasi Krimea dari Ukraina serta mendukung pemerintah Bashar Al-Assad di Suriah. Tiga isu besar inilah yang membayangi hubungan bilateral dua negara kuat tersebut.

Namun, saat masih kampanye sebagai calon Presiden AS, Trump berulang kali mengucapkan bahwa ia berharap hubungan Negeri Paman Sam-Rusia dapat membaik. “Saya pikir kita bisa memiliki hubungan yang baik (dengan Rusia). Saya pikir situasi Korut (juga-red) akan lebih mudah diselesaikan,” tambahnya pada wawancara dengan Fox Business Network.

BACA JUGA: Trump: Anda akan Terkejut Melihat Persiapan Kami untuk Korut

Uji coba senjata yang kerap dilakukan Korut serta saling bertukarnya ancaman antara Trump dan Kim Jong-un membuat situasi di Semenanjung Korea semakin memanas. Trump meminta China untuk membantu menekan ancaman Korut.

Trump melalui Twitter menjelaskan bahwa ia berbicara dengan Presiden Xi Jinping baru-baru ini. Salah satu hal yang dibicarakan keduanya adalah isu Korea Utara.

Bila berbicara mengenai China yang notabene sebagai sekutu utama Korut, hubungan kedua negara sebenarnya perlahan tapi pasti mulai memburuk. China kerap geram dengan Korut yang nekat terus melakukan uji coba nuklir dan rudal walau Beijing dengan tegas melawan tindakan provokasi tersebut.

Salah satu sikap yang memperlihatkan kegeraman China adalah ketika Negeri Tirai Bambu menghentikan impor batu baranya ke Korut pada awal 2017. Selain itu, China juga mendukung kembalinya dijatuhkan sanksi kepada Korut oleh PBB.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini