Share

Kapal Imigran Tenggelam saat Menyeberang dari Turki ke Yunani, 3 Orang Tewas dan 6 Hilang

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Sabtu 04 November 2017 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 04 18 1808236 kapal-imigran-tenggelam-saat-menyeberang-dari-turki-ke-yunani-3-orang-tewas-dan-6-hilang-VP28COIkG6.jpg Imigran Timur Tengah yang sampai ke Yunani. (Foto: AFP)

ATHENS - Sebuah kapal kayu yang mengangkut imigran tenggelam di perairan yang memisahkan Turki dari Pulau Kalymos, Yunani. Sedikitnya 3 orang tewas dalam insiden tersebut. Salah satu korban tewas yang berjenis kelamin perempuan ditemukan oleh kapal patroli Yunani.

Sementara itu, 2 jasad lainnya ditemukan di perairan Turki. Berdasarkan keterangan Otoritas Yunani, kapal tersebut diketahui dalam kondisi kelebihan muatan hingga akhirnya tenggelam. Sebagaimana disitat dari Strait Times, Sabtu (3/11/2017), terdapat 15 orang selamat yang terdiri dari 14 orang dewasa dan seorang anak.

Salah satu imigran yang selamat mengungkapkan terdapat 24 orang dalam kapal tersebut. Hingga kini, para petugas masih melakukan upaya pencarian guna mencari kemungkinan korban yang selamat, mengingat masih terdapat 6 orang yang dinyatakan hilang.

Sejak 2015, ratusan imigran yang berasal dari Suriah, Irak dan Afghanistan meninggal dalam upaya pelarian diri dari negara mereka yang dilanda konflik. Mereka biasanya menggunakan jalur laut untuk menyeberang dari Turki menuju Yunani dengan kapal seadanya.

Terhitung sejak Agustus tahun ini, jumlah imigran yang melakukan perjalanan terus meningkat. Pihak Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut, sekira 5.000 imigran tiba di pulau-pulau Yunani pada September. Puluhan pengungsi dari Suriah saat ini tengah melakukan aksi mogok makan di Athena.

Hal tersebut mereka lakukan agar 2.000 imigran lainnya yang telah menunggu selama 6 bulan untuk diizinkan masuk dan bergabung dengan keluarga mereka. Menteri Imigrasi Yunani, Yiannis Mouzalas mengatakan pada kenaikan jumlah pendatang menyebabkan "kesulitan besar" di pulau-pulau pinggiran negara itu.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini