Usai Prosesi Siraman, Ini Petuah Jokowi ke Putri Tercinta Kahiyang Ayu

Bramantyo, Okezone · Selasa 07 November 2017 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 07 512 1809795 usai-prosesi-siraman-ini-petuah-jokowi-ke-putri-tercinta-kahiyang-ayu-1vdE0UK629.jpg Presiden Jokowi didampingi keluarganya memberikan keterangan pers usai siraman Kahiyang Ayu (Bramantyo/Okezone)

SOLO – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahagia setelah menuntaskan rangkaian awal prosesi adat pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution. Jokowi pun menyampaikan pesan penuh makna ke putri semata wayang yang segera melepaskan masa lajang itu.

"Alhamdulillah acara siraman sudah selesai, berjalan lancar, baik," kata Jokowi kepada awak media usai acara siraman di kediaman pribadinya di Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017).

Jokowi merasa lega, bebannya sebagai orangtua sudah mengantar sang anak ke kehidupan rumah tangga. "Rasanya lega bisa melepas anak putri satu-satunya semoga bisa mandiri," lanjutnya.

Jokowi juga menjelaskan terkait tradisi siraman yang dilakukan Kahiyang Ayu. Menurutnya, siraman merupakan diartikan sebagai prosesi adat pembersihan diri untuk menghilangka segala yang tidak baik di hati, pikiran dalam diri pengantin.

Jokowi sebagai seorang ayah memberikan wejangan pada Kahiyang Ayu sebelum menikah dengan Bobby Nasution. "Ya pesan saya agar berhati-hati, yang sabar dalam membina rumah tangga," ucap Jokowi.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini