nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setelah Mugabe Lengser, Ratu Elizabeth II Menjadi Pemimpin Tertua di Dunia

Putri Ainur Islam, Jurnalis · Rabu 22 November 2017 09:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 22 18 1818258 setelah-mugabe-lengser-ratu-elizabeth-ii-menjadi-pemimpin-tertua-di-dunia-nMCpzgdErW.jpg Ratu Elizabeth II menjadi pemimpin tertua di dunia. (Foto: Reuters)

LONDON - Setelah pemimpin tertua di dunia yang merupakan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe, mengundurkan diri, kini gelar pemimpin tertua di dunia diberikan oleh Ratu Elizabeth II. Mugabe, yang merupakan kepala negara tertua menyatakan pengunduran dirinya setelah 37 tahun menduduki kursi jabatan presiden setelah kudeta militer pekan lalu.

Dilansir dari Business Insider, Rabu (22/11/2017), pada usia 91 tahun, Ratu Elizabeth II telah melampaui banyak pemimpin dunia dan kepala negara, termasuk 19 Perdana Menteri dan 16 Presiden Amerika Serikat (AS). Ratu Elizabeth II menjadi Ratu Inggris terlama yang melayani pada 2015, melebihi masa pemerintahan Ratu Victoria yaitu selama 63 tahun.

Pada 2007, Ratu yang baru saja menrayakan hari ulang tahun pernikahan tersebut juga menjadi pemimpin kerajaan tertua dalam sejarah Inggris. Sebelumnya sebutan tersebut dipegang oleh nenek buyutnya, Ratu Victoria.

Awal pekan ini, Ratu Elizabeth II merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-70 bersama Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Sang Ratu adalah satu-satunya pemimpin kerajaan Inggris yang merayakan ulang tahun pernikahan berlian dan platinum.

Sekadar diketahui, Presiden Zimbabwe yang memimpin selama 37 tahun, Robert Mugabe, akhirnya resmi mengundurkan diri. Hal tersebut disampaikan oleh ketua parlemen Zimbabwe. Pengumuman tersebut muncul saat sidang parlemen yang menginginkan pencapaian dan membuat negara tersebut ke era baru.

Langkah tersebut mengakhiri krisis berkepanjangan selama delapan hari di ibu kota Zimbabwe, Harare, di mana kelompok militer mengambil alih ibu kota pada pekan lalu untuk menghalangi bangkitnya kekuasaan istri Mugabe dan faksi dalam partai Zanu-PF.

Kini tugas memimpin Zimbabwe diserahkan kepada Emmerson Mnangagwa, wakil presiden yang dipecat oleh Mugabe 13 hari yang lalu, untuk mengambil alih kekuasaan. Dia ditunjuk sebagai pemimpin sementara Zanu-PF pada pertemuan yang diselenggarakan pada Minggu 19 November.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini