Share

Temui Jokowi, PM Denmark Bahas Kerjasama Politik dan Perdagangan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 28 November 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 28 18 1821708 pm-denmark-bahas-perkuatan-kerjasama-politik-dan-perdagangan-dalam-lawatan-3-hari-ke-indonesia-P0n2TOK2TA.jpg PM Denmark Lars Lokke Rasmussen tiba di Jakarta, 27 November 2017. (Foto: @larsloekke)

JAKARTA – Perdana Menteri (PM) Denmark, Lars Løkke Rasmussen dijadwalkan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo hari ini, Selasa, 28 November, sebagai bagian dari kunjungan tiga harinya ke Indonesia. Kunjungan yang menjadi bagian dari upaya peningkatan hubungan Denmark dengan Indonesia itu telah direncanakan sejak kunjungan Ratu Denmark, Ratu Margaret II pada 2015.

BACA JUGA: Ke Indonesia, PM Denmark Siap Kerjasama Energi Terbarukan

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, PM Rasmussen akan membawa delegasi bisnis, pengusaha dari Denmark dalam jumlah besar. Pada kunjungan yang berlangsung dari 27-29 November ini, PM Rasmussen akan membahas mengenai tiga kerjasama yang siap terjalin antara Kopenhagen dengan Jakarta.

"Pertama, dalam konteks energi terbarukan. Denmark sangat advanced dalam penggunaan energi terbarukan berbasis bio. Ini bisa kerjasama. Kedua, lingkungan. Negara Nordik sangat peduli lingkungan. Ketiga, tata kelola pemerintahan yang baik dan demokrasi," kata Menlu Retno kepada media pada Jumat, 24 November.

Saat ini kerjasama perdagangan antara Denmark dengan Indonesia belum begitu signifikan. Di antara lima negara Eropa Utara (Nordik), Denmark berada pada peringkat keempat dalam konteks perdagangan.

Foto: @larsloekke

Sedangkan angka investasi dari Denmark ke Indonesia memperlihatkan peningkatan yang sangat besar. Berdasarkan data Kemlu RI, investasi Denmark di Indonesia tercatat meningkat dari USD800 ribu pada 2016 menjadi USD10,9 juta pada 2017.

PM Rasmussen tampaknya antusias dengan kunjungannya ke Indonesia. Hal itu disampaikannya melalui cuitannya di Twitter yang mengabarkan ketibaannya di Jakarta. Kedatangan PM Rasmussen di Jakarta disambut langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Denmark merangkap Lithuania M. Ibnu Said.  

“Terima kasih atas sambutan hangat dari #Indonesia. Menantikan kunjungan resmi saya beberapa hari lagi. #dkpol #dkbiz,” tulis Rasmussen dalam akun Twitter resminya @ larsloekke pada Senin, 27 November.

Cuitan itu juga di-posting dalam bahasa Inggris bersama dengan foto-foto sang PM di Bandara Halim Perdanakusuma.

BACA JUGA: Kunjungi Tj Priok, Ratu Denmark Dikawal 15 Voorijder

Berdasarkan keterangan Juru Bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir, PM Rasmussen akan diterima oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor hari ini.

PM Rasmussen merupakan pejabat tinggi Denmark ketiga yang mengunjungi Indonesia dalam tiga tahun terakhir. Sebelumnya, Ratu Denmark Margaret II bersama Menlu Denmark Kristian Jensen berkunjung ke Indonesia pada 2015.  

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini