Share

PM Denmark Kunjungi Indonesia dan Korban Tewas Serangan Bom Mesir Total Capai 309 Orang

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Rabu 29 November 2017 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 29 18 1822335 pm-denmark-kunjungi-indonesia-dan-korban-tewas-serangan-bom-mesir-total-capai-309-orang-40JBgyD3Wd.jpg Presiden Jokowi bersama PM Denmark di Istana Bogor. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone.com)

PERTEMUAN dua orang penting terjadi kemarin di Bogor, Jawa Barat. Presiden Indonesia, Joko Widodo diketahui bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Denmark, Lars Løkke Rasmussen dan Ibu Negara Solrun Løkke Rasmussen.

Sementara di Indonesia terjadi sebuah pertemuan bersejarah antardua pemimpin negara di belahan dunia lainnya Mesir akhirnya mengakhiri masa berkabung. Sebagaimana diketahui, Negeri Piramida itu dilanda serangan bom yang menewaskan ratusan orang.

Akhir dari masa berkabung ini menandakan kebangkitan Mesir dari kesedihan.

Berikut ini ulasan mengenai berita-berita tersebut: 

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan PM Denmark

Presiden Jokowi menyambut hangat kedatangan PM Denmark Lars Løkke Rasmussen dan istri di Istana Kepresidenan Bogor. PM Rasmussen iba di Istana Bogor pukul 10.25 WIB. Di sana, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana telah menunggu bersama dengan pelajar yang mengenakan berbagai pakaian adat di Tanah Air.

Presdien Jokowi kemudian mengajak PM Denmark serta sang istri mengikuti prosesi upacara penyambutan dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara. Kemudian upacara jajar pasukan dan tembakan penghormatan.

BACA JUGA: Temui Jokowi, PM Denmark Bahas Kerjasama Politik dan Perdagangan

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengisian buku tamu dan sesi foto bersama di Ruang Induk Istana Kepresidenan Bogor. Presiden Jokowi dan Ibu Negara, Iriana, kemudian membawa Perdana Menteri Denmark ke halaman belakang Istana Bogor untuk melakukan veranda talk.

PM Denmar mengunjungi Indonesia selama 3 hari. Kunjungan yang menjadi bagian dari upaya peningkatan hubungan Denmark dengan Indonesia itu telah direncanakan sejak kunjungan Ratu Denmark, Ratu Margaret II pada 2015.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Sambut PM Denmark di Istana Bogor

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, PM Rasmussen akan membawa delegasi bisnis, pengusaha dari Denmark dalam jumlah besar. Pada kunjungan yang berlangsung dari 27-29 November ini, PM Rasmussen akan membahas mengenai tiga kerjasama yang siap terjalin antara Kopenhagen dengan Jakarta.

Pemerintah Indonesia dan Denmark menyepakati penguatan hubungan bilateral, dan kedua negara melihat banyak kesempatan untuk mengoptimalkan kerjasama di berbagai bidang, di antaranya ekonomi dan perdagangan. Pada 2012, nilai perdagangan antarkedua negara mencapai USD402 juta dengan surplus untuk Indonesia.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

Masa Berkabung Pasca-Serangan Bom Mesir Berakhir dan 'Catat' 309 Korban Tewas

Masa berkabung di Mesir telah berakhir ditandai dengan pengumuman total jumlah korban yang tewas. Sebagaimana diketahui serangan bom terjadi di Masjid Al Rawdah Sinai pada Jumat 24 November dan menewaskan 309 orang serta melukai 128 lainnya. Di antara total korban yang tewas, 27 orang merupakan anak-anak.

BACA JUGA: Masa Berkabung Berakhir, Jumlah Korban Serangan Bom Mesir Meningkat Jadi 309 Orang

Banyaknya korban yang tewas membuat peristiwa ini menjadi serangan teroris yang paling mematikan dalam sejarah modern Mesir. Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi pun menetapkan tiga hari masa berkabung nasional beberapa jam setelah penyerangan itu terjadi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Kutuk Serangan Bom Mesir dan Sampaikan Duka Cita untuk Para Korban

Serangan yang menghilangkan ratusan nyawa ini memicu kecaman dari dunia internasional. Beberapa negara dan pemimpin dunia yang dengan tegas menyampaikan kecamanannya yaitu Presiden Indonesia Jokowi, Presiden Amerika Serikat (AS) dan Pemerintah Turki. Bahkan Turki juga turut menerapkan hari berkabung nasional pada Senin 27 November 2017 sebagai bentuk belasungkawa terhadap musibah tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini