nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Survei Pilgub Jabar: Deddy Mizwar Paling Populer, Keterpilihan Milik Ridwan Kamil

Oris Riswan, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 15:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 14 525 1830325 survei-pilgub-jabar-deddy-mizwar-paling-populer-keterpilihan-milik-ridwan-kamil-ogSzNl2fzS.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

BANDUNG - Lembaga Studi Informasi dan Demokrasi (Elsid) merilis hasil survei terkait Pilgub Jawa Barat 2018. Survei digelar pada 30 November hingga 8 Desember 2017. Melibatkan 630 responden yang tersebar di Jawa Barat, survei itu memiliki margin of error sebesar 4,3 persen. Apa hasilnya?

Direktur Eksekutif Elsid Dedi Barnadi mengatakan untuk tingkat popularitas, Deddy Mizwar menjadi cagub paling populer. Ia mengungguli Ridwan Kamil.

"Untuk tingkat pengenalan cagub, Deddy Mizwar di posisi teratas dengan 91,5 persen," kata Dedi dalam konferensi pers di Kota Bandung, Kamis (14/12/2017).

(Baca Juga: 5 Daerah yang Diprediksi Akan Memanas di Pilkada 2018)

Di posisi kedua ada Ridwan Kamil yang menguntit dengan 90,3 persen. Sedangkan di posisi ketiga, ada Dedi Mulyadi dengan tingkat popularitas 82,2 persen.

Meski memiliki tingkat popularitas tertinggi, tapi tingkat elektabilitas Demiz masih kalah dibanding Emil, sapaan Ridwan Kamil. Emil ada di posisi pertama dengan raihan 28,5 persen.

Demiz justru ada di posisi kedua dengan raihan 20,6 persen. Di posisi ketiga ada nama Dedi Mulyadi dengan perolehan 12,3 persen.

(Baca Juga: Nama dan Fakta di Pilgub Jabar 2018, Siapa yang Layak Dipilih?)

"Jadi, tiga sosok ini terus merajai proses di Pilgub Jawa Barat," ucap Dedi.

Soal posisi Emil yang selalu diungglkan berbagai lembaga survei, ia mengatakan kondisi itu belum tentu otomatis akan memenangkan pilgub. Sebab, ada banyak aspek yang akan sangat mempengaruhi hasil akhir pilgub.

Perhelatan Pilgub Jabar 2018 Diluncurkan dengan Kegembiraan, Wisata dan Edukasi Politik

Ia mengingatkan agar Emil berhati-hati dalam segala langkahnya, terutama yang terkait dengan pilgub. Sehingga, elektabilitasnya tidak mengalami penurunan.

(Baca Juga: Airlangga Ketum Golkar, Harapan Dedi Mulyadi untuk Pilgub Jabar Kembali Terbuka?)

"Emil harus tetap hati-hati jika ingin mempertahankan elektabilitas dia. Kalau disebut pasti menang, belum tentu, karena elektabilitas dia belum mencapai 50 persen. Tapi, kalau dikatakan Emil lebih unggul dibanding kandidat lain, itu benar," jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini