nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tampil Pertama Kali di Tokyo, Aksi Imut Bayi Panda Xiang Xiang Curi Perhatian

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 16:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 18 18 1832224 tampil-pertama-kali-di-tokyo-aksi-imut-bayi-panda-xiang-xiang-curi-perhatian-rC9rq8j1WT.jpg Bayi panda Xiang-Xiang di Kebun Binatang Ueno. (Foto: Reuters)

TOKYO - Bayi panda bernama memulai debut publiknya di Kebun Binatang Ueno, Tokyo, Jepang. Ini adalah penampilan perdana Shin Shin ke publik setelah ia dilahirkan Juni lalu.

Wang Wan, istri Duta Besar China untuk Jepang, Cheng Yonghua, dan gubernur Tokyo, Yuriko Koike, turut hadir dalam acara dengan media, satu hari sebelum debut si bayi panda. Dinukil dari Reuters, Senin (18/12/2017), bayi panda betina berusia enam bulan itu lahir setelah sang ibu, Shin Shin, kehilangan bayi pertamanya lima tahun lalu.

Kelahiran tersebut juga terjadi setelah hampir tiga dekade seekor bayi panda lahir dan bertahan hidup di Kebun Binatang Ueno. Pengunjung Kebun Binatang Ueno bisa menyaksikan tingkah menggemaskan bayi panda ini mulai Selasa 19 Desember.

BACA JUGA: Kehilangan Bayinya 5 Tahun Lalu, Panda Shin Shin Melahirkan Lagi di Tokyo

 

Hubungan diplomatik China-Jepang kerap menegang, seiring warisan Perang Dunia II dan perseteruan regional. Meski demikian, diplomasi panda menawarkan sentuhan persahabatan dalam relasi kedua negara.

"Tahun ini menandai HUT ke-45 normalisasi hubungan China dan Jepang. Saya rasa kelahiran Shan Shan - yang dilafalkan sebagai Xiang Xiang dalam bahasa China - merupakan pertanda baik," ujar Wang.

Bikin Gemez... Lihat Tingkah Xiang Xiang Bayi Panda Koleksi Kebun  Binatang di Tokyo Jepang

Bayi panda, yang tadinya amat kecil hingga dapat diletakkan di telapak tangan, kini sudah cukup besar dan memiliki tanda hitam khas mamalia tersebut. Beratnya sudah mencapai 12kg.

BACA JUGA: Sedih! Panda Tertua di Dunia Tutup Usia

Hari ini, perwakilan media melihat Xiang Xiang mengunyah bambu, bergulingan, memanjat hingga bertengger di dahan bambu yang bergoyang.

Nama si bayi panda sendiri dipilih dari 322 ribu saran yang diberikan masyarakat.

Shin Shin dan pasangannya, Ri Ri, tiba dari China pada Februari 2011. Mereka langsung dipajang bulan berikutnya, usai gempa bumi melanda Jepang. Keberadaan pasangan panda pun dianggap menawarkan secarik kabar baik bagi bangsa yang tengah dilanda kesedihan.

Seekor bayi panda jantan lahir pada 2012, yang pertama setelah 24 tahun penantian pengelola Kebun Binatang Ueno. Namun hanya enam hari setelah dilahirkan bayi panda itu ditemukan diam tidak bergerak di atas perut sang ibu. Semua upaya untuk menyelamatkan bayi tak berdaya itu tidak berhasil.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini