nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

61 Tahun Kelahiran Bayi Gorila Pertama di Kebun Binatang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 06:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 22 18 1834302 61-tahun-kelahiran-bayi-gorila-pertama-di-kebun-binatang-R5F25iKEl6.jpg Colo, gorila tertua di dunia. (Foto: Inhabitat)

KEBUN binatang Columbus di Ohio, Amerika Serikat (AS), menjadi saksi sejarah kelahiran seekor gorila pertama di dalam penangkaran. Gorila yang diberi nama Colo, gabungan dari Columbus dan Ohio, itu datang ke dunia dengan berat sekira 2 kilogram (kg).

Colo adalah anak dari pasangan pejantan bernama Baron Macombo (Mac) dan betina bernama Millie Christina. Kedua orangtua Colo berasal dari hutan di Kamerun yang ditangkap dan dibawa ke Columbus pada 1951.

Sebelum kelahiran Colo, gorila yang ada di kebun binatang biasanya ditangkap di alam liar, bahkan dengan cara-cara kekerasan. Para pemburu tidak segan-segan membunuh orangtua atau anggota keluarga lain dari seekor gorila muda yang dianggap masih cukup mudah ditangani.

Gorila adalah hewan asli Benua Afrika yang cinta damai dan pintar. Spesies tersebut biasanya hidup berkerumun dalam kelompok-kelompok kecil yang dipimpin oleh seekor gorila jantan dewasa yang disebut silverback atau gorila berpunggung perak. Ada tiga jenis gorila, yakni gorila dataran rendah barat, gorila dataran rendah timur, dan gorila gunung.

Ketiga spesies itu hampir mirip dan biasanya yang ada di penangkaran adalah gorila dataran rendah. Gorila diketahui sebagai vegetarian atau pemakan sayuran dan buah-buahan. Seekor gorila dapat hidup hingga usia 35 tahun di alam bebas dan 50 tahun di penangkaran.

Melansir dari History, Jumat (22/12/2017), hingga lahirnya Colo, seekor gorila di penangkaran tidak pernah belajar bagaimana menjadi orangtua karena ditangkap saat masih muda. Ketika bayi gorila betina itu lahir pada 22 Desember 1956, Columbus mendirikan sendiri kamar khusus bagi Colo dan dirawat oleh beberapa orang pawang.

Sejak itu, para pawang di kebun binatang mengembangkan habitat yang sebisa mungkin mirip dengan lingkungan tinggal seekor gorila di alam bebas. Dengan demikian, gorila-gorila generasi berikutnya sudah dapat diurus oleh para betina dewasa.

Meski demikian, pihak kebun binatang tetap melakukan antisipasi. Jika para betina dewasa tidak bisa mengurus anaknya, maka kebun binatang merancang program ibu pengganti. Program tersebut memungkinan seekor bayi gorila dirawat selama beberapa waktu oleh manusia untuk kemudian diserahkan kepada induknya.

Latar belakang sebagai gorila pertama yang lahir di kebun binatang itu menjadikan Colo sebagai daya tarik bagi wisatawan di Kebun Binatang Columbus. Sayang, Colo sudah meninggal pada 17 Januari 2017 di usia 60 tahun.

(pai)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini