Image

Jumlah Korban Tewas Akibat Badai Tropis di Filipina Capai 182 Orang

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Minggu 24 Desember 2017, 02:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 24 18 1835184 jumlah-korban-tewas-akibat-badai-tropis-di-filipina-capai-182-orang-IzLtPIsrpF.jpg Badai tropis memicu banjir di Filipina. (Foto: AFP)

MANILA - Jumlah korban tewas akibat badai tropis yang melanda Filipina kini mencapai angka 182 orang. Selain menyebabkan korban tewas, badai juga membuat 153 orang lainnya hilang. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, badai telah memicu banjir dan tanah longsor.

Berdasarkan keterangan seorang pejabat daerah, sebagian besar mayat korban ditemukan hanyut di sungai dengan kondisi tubuh yang membengkak. Sementara itu, satu korban tewas di Palawa diketahui meninggal karena diserang buaya saat hendak memindahkan kapal ke tempat umum guna menghindari badai.

BACA JUGA: Tanah Longsor Tewaskan 90 Orang di Filipina

Pihak berwenang menduga bahwa korban hilang diduga masih tertimbun tanah longsor. Sebagaimana dinukil dari Reuters, Minggu (24/12/2017), badai telah menyebabkan listrik terputus di wilayah bencana hingga menyulitkan operasi penyelematan dan pencarian korban. Jumlah korban tewas berasal dari 3 provinsi yakni Lanao del Norte, Zamboanga del Norte dan Bukidnon.

Biro Cuaca Nasional Filipina sebelumnya menyatakan, badai kuat terdeteksi di atas Laut Sulu. Badai ini diketahui membawa angin dengan kecepatan hingga 80 kilometer (km) per jam dan bergerak ke arah barat dengan kecepatan hingga 20 km per jam.

Badai tersebut mengarah ke laut pada tengah hari, Sabtu 23 Desember, dan diperkirakan akan hilang dari Filipina pada Senin 25 Desember.

BACA JUGA: Pindahkan Kapalnya untuk Hindari Badai, Pria Filipina Tewas Diserang Buaya

Filipina memang diketahui telah menjadi langganan badai dan diterpa sekira 20 badai tiap tahun. Badai paling mematikan yang pernah melanda Filipina adalah Topan Haiyan yang menyebabkan 7.350 orang tewas dan menghancurkan seluruh kota berpenduduk padat pada November 2013.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini