nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temuan Patung Sapi di Sukoharjo Malah Jadi Perdebatan Warganet

Agregasi Solopos, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 08 512 1841737 temuan-patung-sapi-di-sukoharjo-malah-jadi-perdebatan-warganet-goA7bdXaQd.JPG patung sapi diduga era Kerajaan Majapahit ditemukan di Sukoharjo (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO – Penemuan patung diduga berbentuk sapi menjadi gunjingan warganet di Instagram @ics_infocegatansolo. Berdasarkan informasi di akun tersebut, patung tersebut ditemukan di Dusun Kaliniti RT 03/RW 03, Kelurahan Siwal, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dikutip dari laman Solopos.com, pada foto yang diunggah, patung yang diduga berbentuk sapi itu tidak berkepala. Kondisi tersebut menjadi perdebatan antarwarganet.

Akun @ics_infocegatansolo mengutip dari sumbernya kalau kata sesepuh desa sekitar patung tersebut memang tidak berkepala. Namun sumber lain menduga kepala patung diambil penjajah.

Di kolom komentar, warganet malah berdebat kocak karena ada yang mencurigai kalau patung tersebut bukan sapi namun hewan lain.

“Itu yakin Sapi min? Siapa tahu gajah,” tulis @satriamais1616.

“Masa itu sapi min? Macan mungkin,” canda @tri_moel12.

“Kok tahu kalau itu sapi? Kepalanya aja gak ada lo, siapa tahu itu buaya,” sahut @cimeycomel.

“Yang punya punuk hanya sapi dan unta,” tulis @arief_skp.

Selain komentar membahas jenis hewan yang benar, warganet pun memberi komentar lain terkait penemuan patung.

“Kalau itu sapi, kemungkinan peninggalan Kerajaan Mataram kuno, sekitar abad 8-9. Sapi melambangkan kendaraan Dewa Siwa,” tulis @dik_p01.

“Kenapa ya arca selalu hilang kepalanya. Kayak patung Buddha di Candi Borobudur juga banyak yang hilang,” tulis @arhamkand.

“Dulu di desaku juga ada kayak gitu, kepalanya juga gak ada. Ternyata emang terpisah. Kepala sapinya pas dulu itu ada di desa tetangga. Sekarang udah dibawa ke Kabupaten Sukoharjo,” tulis @yona_virnanda.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini