Image

Bos Yakuza Jepang Tertangkap Setelah Buron 15 Tahun Karena Tatonya Viral

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 11 Januari 2018, 19:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 11 18 1843613 bos-yakuza-jepang-tertangkap-setelah-buron-15-tahun-karena-tatonya-viral-bqu7PWtabr.jpg Foto: AFP

BANGKOK – Kepolisian Thailand menangkap seorang bos Yakuza yang telah buron selama 15 tahun setelah foto tatonya menjadi viral di Facebook. Shigeharu Shirai melarikan diri dari pihak berwenang setelah dituduh membunuh seorang anggota geng rival pada 2003.

BACA JUGA: Yakuza Ikut Terlibat Bantu Korban Gempa di Jepang

Akhir dari pelarian pria berusia 74 tahun itu bermula setelah seorang warga lokal di Thailand yang tak menyadari identitas Shigeharu  mengambil foto tatonya. Foto yang diunggah ke Facebook itu memperlihatkan seorang pria tua yang hampir seluruh punggung dan sebagian besar dadanya tertutup tato sedang bermain catur dengan orang tua lainnya.   

Dalam foto itu, Shigeharu juga terlihat kehilangan jari kelingkingnya. Memotong jari kelingking adalah bentuk hukuman yang seringkali dilakukan anggota Yakuza untuk membayar kesalahan yang dilakukannya.  

Foto itu menjadi viral dan menarik perhatian Kepolisian Jepang yang meminta Shigeharu untuk ditangkap.

Berdasarkan keterangan Kepolisian Thailand yang dilansir BBC, Kamis (11/1/2018), pria yang mereka tangkap mengaku bahwa dia adalah anggota Yakuza. Namun, dia tidak mengakui tuduhan pembunuhan pada 2003 yang ditujukan padanya.

Polisi menangkap Shigeharu di Kota Lopburi, sebelah utara Bangkok atas tuduhan pelanggaran visa. Dan akan diekstradisi ke Jepang.

BACA JUGA: Polisi Jepang Ringkus Lebih dari 900 Anggota Yakuza

Yakuza adalah sebuah organisasi yang identik dengan dunia hitam di Jepang. Kelompok mirip mafia Italia itu telah menjadi bagian dari masyarakat Jepang selama berabad-abad. Saat ini diperkirakan kelompok Yakuza memiliki lebih dari 60 ribu anggota di seluruh Jepang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini