nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korsel: Trump Terbuka untuk Berbincang dengan Korut

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 11 18 1843725 korsel-trump-terbuka-untuk-berbincang-dengan-korut-21AgEWAsnN.jpg Presiden AS Donald John Trump (Foto: Carlo Allegri/Reuters)

SEOUL – Istana Kepresidenan Korea Selatan (Korsel), Gedung Biru, melaporkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump terbuka untuk berbicara dengan Korea Utara (Korut). Trump juga memastikan tidak akan ada tindakan militer selama perundingan berlangsung antarkedua Korea.

“Kedua kepala negara memprediksi perundingan antar-Korea kemarin dapat menuju perundingan antara Amerika Serikat dengan Korea Utara untuk denuklirisasi Semenanjung Korea setelah Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang,” ujar Gedung Biru dalam pernyataan resmi, mengutip dari Straits Times, Jumat (12/1/2018).

“Presiden Trump mengatakan Amerika Serikat terbuka untuk berbicara dengan Korea Utara jika menginginkannya, selama situasi dan waktunya tepat,” sambung pernyataan tersebut.

BACA JUGA: Korut: Persenjataan Kami Hanya untuk AS, Bukan Korsel 

Gedung Biru juga menambahkan bahwa berita mengenai Trump yang mempertimbangkan opsi serangan militer terhadap Korea Utara adalah palsu. Pernyataan itu mengutip dari pemberitaan harian Wall Street Journal yang melaporkan bahwa Trump tidak pernah mempertimbangkan opsi militer.

“Dia (Trump) memastikan bahwa tidak akan ada aksi militer selama perundingan antara kedua Korea terus berlangsung,” tutup pernyataan pihak Gedung Biru.

BACA JUGA: Presiden Korsel Puji Trump atas Terselenggaranya Perundingan Antar-Korea

Pernyataan senada diungkapkan Presiden Donald Trump kepada para wartawan di Gedung Putih usai berbincang lewat telefon dengan Moon. Politikus Partai Republik itu menyatakan tidak ada yang tahu arah dunia ke depan seperti apa. Ia mengaku diberi tahu oleh Moon bahwa perundingan antarkedua Korea berjalan dengan baik.

“Semoga perundingan itu membawa kesuksesan kepada dunia, tidak hanya bagi negara kita, tetapi juga untuk dunia. Dan kita segera melihat dalam hitungan pekan dan bulan apa yang akan terjadi,” tukas Presiden Donald Trump di Washington. Pria berusia 71 tahun itu juga mengatakan akan mengirim Wakil Presiden Mike Pence untuk memimpin delegasi Amerika Serikat dalam Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang, Februari mendatang.

BACA JUGA: Presiden Korsel Siap Bertemu Kim Jong-un 

BACA JUGA: Wow! Trump Ingin Bertemu Empat Mata dengan Kim Jong-un 

Keinginan untuk bertemu dengan pejabat Korea Utara itu pernah diungkapkan Presiden Donald Trump pada November 2017. Pria asal New York itu mengindikasikan keinginan untuk bertemu empat mata dengan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un. Trump dengan tegas mengatakan bahwa duduk bersama seseorang, termasuk Kim Jong-un, bukan lah sebuah hal yang buruk.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini