Image

Antisipasi Isu SARA dan Hoax Jelang Pilgub, Polres Malang Bentuk Tim Cyber Patrol

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 13 Januari 2018 11:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 13 519 1844451 antisipasi-isu-sara-dan-hoax-jelang-pilgub-polres-malang-bentuk-tim-cyber-patrol-d3QMSop1Fn.jpg Tim Cyber Patrol Malang (foto: Avirista Midaada/Okezone)

MALANG - Menjelang gelaran Pilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, segala persiapan pengamanan dilakukan termasuk di dunia maya. Polres Malang membentuk tim cyber patrol yang memantau perkembangan terkini media sosial dan dunia maya.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, menyatakan pembentukan tim cyber patrol guna mengantisipasi isu yang bernuansa provokatif menjelang gelaran Pilgub.

(Baca Juga: Dana Rp7,4 Miliar dan 1.075 Personel Gabungan Disiapkan untuk Amankan Pilkada Kota Malang)

"Tim Cyber Patrol ini mencari dan melihat ada tidaknya isu-isu provokatif. Kita punya kepentingan mencegah isu-isu yang tidak benar di media sosial selama Pilgub," jelas Yade kepada Okezone.

Ia menambahkan bila informasi fitnah akan diluruskan supaya tidak berdampak perpecahan sosial di kehidupan nyata di masyarakat.

"Isu hoax, fitnah, dan provokatif akan kita counter. Nanti isu-isu di Twitter, Facebook, Instagram, dan medsos akan kita pantau dengan 75 orang di tim tersebut," ungkapnya saat ditemui di Mapolres Malang.

(Baca Juga: 2018, Anggaran Pilkada Kota Malang Naik Rp11,5 Miliar)

Langkah tersebut, sebagai upaya preventif bila ada yang menyebarkan isu SARA, hoax atau yang bersifat provokatif nantinya akan diperingatkan dahulu sebelum ke langkah hukum lebih lanjut.

"Sebagai langkah edukasi supaya masyarakat bijak bermedsos. Kalau yang bersangkutan masih membandel baru kita lakukan penegakkan hukumnya, karena kita juga punya UU ITE,” pungkasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini